Ahad 05 Mar 2017 15:51 WIB

India Diperkirakan akan Jadi Negara Muslim Terbesar di Dunia

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agus Yulianto
Umat Muslim melaksanakan shalat id di tepi rel kereta api di Mumbai, India (Ilustrasi)
Foto: Reuters
Umat Muslim melaksanakan shalat id di tepi rel kereta api di Mumbai, India (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- American Think Tank Pew Research Centre mengatakan, usia rata-rata pemeluk agama Islam sekitar 30 tahun, lebih muda dari usia pemeluk agama lain. Maka, populasi Muslim akan lebih cepat tumbuh dibanding yang lain. Pada tahun 2050, diperkirakan India akan menjadi negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.

Saat ini Islam menjadi agama terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen. Sekarang, Islam menjadi agama yang tumbuh paling cepat di antara agama-agama lain. Pew Research Centre menerangkan, seandainya demografi terus berlanjut seperti ini, maka jumlah Muslim akan melebihi jumlah pemeluk agama Kristen pada akhir abad ini.

Sebanyak 62 persen dari total keseluruhan jumlah Muslim tinggal di wilayah Asia-Pasifik. Populasi Muslim terbesar ada di Indonesia, India, Pakistan, Bangladesh, Iran dan Turki. Indonesia saat ini merupakan negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia.

Tapi, Pew Research Center memperkirakan, India akan memiliki penduduk Muslim terbesar juga. Hal tersebut akan nampak pada tahun 2050. Kurang lebih sekitar 300 juta Muslim akan tinggal di India. Muslim diperkirakan tumbuh di setiap wilayah di seluruh dunia kecuali di Amerika Latin dan Karibia. Sebab, hanya sedikit Muslim yang tinggal di sana.

"Populasi Muslim di Eropa juga semakin berkembang, kami memproyeksikan 10 persen dari total penduduk Eropa akan menjadi Muslim pada tahun 2050," kata Pew Research Center, dilansir dari Muslim Village, Ahad (5/2).

Berdasarkan laporan Muslim Village pada Ahad (5/2), ada 1,6 miliar Muslim di dunia pada 2010. Kira-kira sekitar 23 persen dari populasi dunia. Dalam laporan tahun 2015, penduduk dunia diproyeksikan akan tumbuh sebesar 35 persen dalam beberapa dekade kedepan. Jumlah Muslim diperkirakan akan meningkat sebesar 73 persen. Artinya, jumlah Muslim di dunia jadi 2,8 miliar pada tahun 2050.

Menurut Pew Research Center, pada tahun 2015 pertama kali Islam diindikasi akan menjadi agama terbesar di dunia. Bahkan, American Think Tank mengungkapkan, Islam satu-satunya agama besar yang populasinya diproyeksikan akan meningkat lebih cepat dari populasi dunia secara keseluruhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement