Selasa 21 Feb 2017 07:10 WIB

Alquran, Pendidikan Awal Anak-Anak di Era Keemasan Islam

Alquran
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada era keemasan Islam, pendidikan dimulai sejak masa kanak-kanak. Pada masa itu, pendidikan usia dini telah mendapat perhatian serius. Pendidikan usia dini, pada zaman itu, diawali dengan pendidikan Alquran. Dimulai ketika seorang anak menginjak usia lima tahun.

Di taman pendidikan Alquran itu, anak-anak dikenalkan dan diajarkan cara untuk menulis 99 nama Allah atau asmaul husna. Selain itu, anak-anak Muslim pada masa kekhalifahan pun mulai diperkenalkan dengan tulisan ayat-ayat Alquran yang sederhana.

Setelah mahir membaca dan menulis, mereka diajarkan Alquran ditambah pelajaran berhitung atau aritmatika.  Pendidikan Alquran menjadi basis bagi pengembangan karakter anak sehingga di masa depan anak-anak itu memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan dengan berbagai cara untuk mempersiapkan masa depan yang baik.

Ibnu Sina  yang dikenal memiliki kepintaran dan daya ingat yang luar biasa sejak usia dini telah dikenalkan dengan ilmu Alquran sehingga pada usia lima tahun sang dokter legendaris sudah mampu menghafal Alquran. Ilmuwan, ulama, dan para pemimpin Islam terkemuka pada era keemasan kebanyakan telah hafal Alquran pada usia yang masih belia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement