Kamis 05 Jan 2017 15:00 WIB

Pesantren Tebuireng Lakukan Uji Kompetensi Guru Mandiri

Salah satu sudut Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur.
Foto: garambang.info
Salah satu sudut Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG -- Pesantren Tebuireng Kabupaten Jombang, Jawa Timur melakukan uji kompetensi guru secara mandiri. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan profesionalisme dan kompetensi para pendidiknya.

"Uji kompetensi dan kepribadian ini baru pertama kali dilaksanakan di Tebuireng. Tujuannya, agar pendidik dan tenaga kependidikan lainnya dapat terus meningkatkan kompetensi, kualitas diri dan profesionalitas mereka," ujar "Mudir" (Dewan Pengasuh) Bidang Pendidikan di Pesantren Tebuireng, Kusnadi, Kamis (5/1).

Kegiatan ini diikuti sekitar 300 guru yang mengajar di Pesantren Tebuireng, Jombang dan dilaksanakan selama dua hari, sejak Rabu hingga Kamis (4-5/1). Acara ini digelar secara mandiri, dengan harapan kompetensi para guru juga bisa diketahui.

Mantan pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang ini menambahkan, ujian hari pertama dimaksudkan untuk memetakan kompetensi pedagogik dan profesional para guru. Pesertanya sebanyak 245 orang guru dari semua unit pendidikan di bawah naungan Yayasan Hasyim Asy'ari.

Sedangkan, pada hari kedua, peserta ditambah tenaga kependidikan lainnya, dengan jumlah peserta sebanyak 300 orang. Mereka mengikuti kegiatan secara penuh dengan kurikulum yang sudah disesuaikan. "Materinya sesuai kurikulum nasional yang diampu masing-masing guru," kata Kusnadi.

Semua tenaga pendidik dan kependidikan dari jenjang SD, SMP dan SMA Wahid Hasyim, MTs dan MA Salafiyah Syafi'iyah, SMA Trensains, SMK Khoiriyah Hasyim dan Muallimin Tebuireng diwajibkan ikut ujian ini. Alumnus SMA Wahid Hasyim Tebuireng, Jombang ini mengatakan untuk keluaran dari uji kompetensi ini guna untuk memetakan kompetensi pedagogik dan profesional para guru, sementara uji kepribadian dimaksudkan untuk memetakan kompetensi personal dan sosial mereka.

Untuk melaksanakan uji kompetensi dan kepribadian itu, Pesantren Tebuireng, Jombang, juga menggandeng tim konsultan dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Universitas Negeri Malang (UM). "Hasil pemetaan dan rekomendasi dari kedua universitas tersebut, nantinya akan menjadi dasar pembinaan dan pendampingan secara berkelanjutan," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement