Jumat 26 Aug 2016 00:16 WIB

Jamaah Haji Khusus Kloter 1 Sampai di Makkah

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Winda Destiana Putri
Haji
Haji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jamaah Haji Khusus Indonesia kelompok terbang (kloter) pertama sampai di Makkah pada Selasa siang (23/8) waktu Arab Saudi. Kedatangan tersebut disambut Ketua Muasasah Asia, Ketua Pelayanan VIP Muasasah Asia, dan sejumlah pengurus Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI).

Ketua Muasasah Asia Syach Amin Indragiri menyatakan sangat senang dan bahagia atas kedatangan jamaah haji khusus yang pertama tersebut. "Atas nama Kerajaan Saudi Arabia dan Muasasah, kami ucapkan selamat datang dan selamat menjalankan ibadah haji dengan baik dan tertib sebagai tamu Allah SWT," kata Syach Amin dalam pernyataan tertulisnya yang diterima Republika, Kamis (25/8).

Di sisi lain, Ketua Pelayanan VIP Muasasah Asia Syech Mustafa Damanhouri menunturkan pelayanan dan fasilitas jamaah haji khusus tahun ini akan lebih ditingkatkan dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut, kata dia, akan dilakukan pada sarana dan fasilitas di Arafah serta Mina.

Ketua Umum AMPHURI Joko Asmoro juga mengucapkan selamat datang kepada para jamaah haji. Joko mengingatkan kondisi cuaca panas di Arab Saudi sehingga meminta jamaah menjaga kondisi kesehatan yang baik dengan pola hidup yang sehat.

"Jamaah tidak perlu banyak melakukan kegiatan yang tidak berhubungan dengan kegiatan ibadah. Hal ini untuk mencegah kelelahan dan menurunnya kondisi kesehatan," tutur Joko.

Dia menilai, tujuan utama  berada di tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji dengan sebaik-baiknya. Joko mengajak para jamaan bisa memfokuskan kegiatan kepada ibadah. "Insya Allah kita dapat kembali ke tanah air tetap dalam kondisi yang baik dan sehat,” ungkap Joko.

Kedatangan jamaah disambut meriah dengan kehangatan khas budaya Timur Tengah. Jamuan makan untuk jamaah juga disediakan dengan menu khas Timur Tengah.

Usai penyambutan, muasasah dan Maktab membagikan souvenir kepada seluruh jamaah. Selanjutnya, penyerahan cindera mata dilakukan oleh Joko  kepada muasasah dan para ketua maktab VIP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement