Kamis 14 Jul 2016 23:16 WIB

Calon Haji Diingatkan Rajin Berolahraga

 Siswa dari TK Nurul Islam mengikuti manasik haji di lapangan sekolah, Desa Selok Awar-Awar, Pasirian, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (13/10).
Foto: Republika/ Wihdan
Siswa dari TK Nurul Islam mengikuti manasik haji di lapangan sekolah, Desa Selok Awar-Awar, Pasirian, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (13/10).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengingatkan agar para jamaah calon haji asal Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menjaga kondisi tubuh dan rajin berolahraga. "Untuk mencapai kondisi tubuh yang tahan cuaca, maka para jamaah calon haji harus rajin berolahraga," katanya, disela pembukaan manasik haji 2016 bagi jamaah calon haji di Purwakarta, Kamis (14/7).

Pada musim haji tahun ini, jamaah calon haji asal Purwakarta sebanyak 603 orang. Mereka kini mulai bersiap-siap untuk berangkat ke tanah suci Makkah. Dedi mengingatkan agar jamaah calon haji asal Purwakarta bisa lebih fokus mempersiapkan kondisi tubuh untuk menghadapi cuaca ekstrem di salah satu negara Timur Tengah tersebut.

"Kondisi tubuh harus selalu dijaga. Dari sekarang bapak dan ibu bisa mulai berolahraga agar selalu sehat saat menjalankan ibadah haji," katanya.

Ia juga mengingatkan agar jemaah calon haji menjaga pola makan, sehingga metabolisme tubuh mereka kuat untuk tinggal di tengah iklim yang berbeda. "Kalau pola makan diatur, metabolisme tubuh kuat, kalau sudah kuat kita akan lebih fokus menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji," katanya.

Sementara itu, teknis keberangkatan jemaah calon haji asal Purwakarta sudah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Pemerintah daerah setempat telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk mempersiapkan tenaga medis berikut obat-obatan yang dibutuhkan selama rangkaian ibadah haji. Seluruh biaya yang timbul atas ketersediaan pelayanan kesehatan ini ditanggung Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement