Kamis 14 Jul 2016 16:24 WIB

Masjid Baru York Selesai Dibangun

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Diskusi antarmuslimah di Inggris
Foto: iwpeace
Diskusi antarmuslimah di Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, YORK -- Sebuah masjid baru komunitas Muslim York, Inggris telah selesai dibangun. Seluruh masyarakat York diundang untuk datang dan berkeliling melihat-lihat. 

Dilansir dari yorkpress, Kamis (14/7) tahap pertama pembangunan masjid baru ini telah selesai. Masjid ini menggunakan lahan di belakang masjid tua dan gedung portabel di Bull Lane, Lawrence Street. 

Presiden Masjid Mebs Surve mengatakan bangunan lama sudah tua karena digunakana lebih dari 30 tahun dan tidak memadai untuk menampung lebih dari 300 jamaah saat shalat Jumat. Masjid baru telah digunakan sejak beberapa pekan lalu, meskipun beberapa pekerjaan masih berlangsung seperti pemasangan toilet dan fasilitasnya, fasilitas audio visual dan konferensi  sehingga dapat digunakan untuk fasilitas publik. 

Total biaya pembangunan mencapai 1,5 juta poundsterling. Sebanyak 1.050.000 poundsterling berasal dari masyarkat York dan dukungan dari masyarakat seluruh negara dan kunjungan komunitas muslim. 

Sumbangan pribadi juga didapatkan dari Ali Zafar (45 tahun) sebesar 300 poundsterling. Surve mengatakan masjid lama tidak akan dihancurkan dan akan dialihfungsikan menjadi tempat kegiatan sosial. 

Masjid baru akan dibuka Ahad sore (17/7) dan mengundang seluruh masyarakat York dari berbagai agama dan kalangan. Acara peresmian masjid baru akan dibuka oleh Wali Kota York Cllr Dave Taylor dan dihadiri oleh Imam Masjid Abid Salik, anggota parlemen York, Sir Hugh Bayley dan pendeta gereja Jane Nattrass. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement