Kamis 10 Mar 2016 21:38 WIB

Siswa Madrasah Menang Juara Robotik Internasional

Siswa madrasah yang memenangkan juara  Maze Solving/Line Follower Senior pada event International Robotics Games
Foto: kemenag
Siswa madrasah yang memenangkan juara Maze Solving/Line Follower Senior pada event International Robotics Games

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Tangerang (dulu bernama MAN Mauk Tangerang) dan MAN 2 Jakarta meraih juara kompetisi robot berlevel internasional.

MAN 3 Tangerang meraih juara I dan MAN 2 Jakarta juara II kategori Maze Solving/Line Follower Senior pada event International Robotics Games yang diselenggarakan oleh SMU Pondok Karya Pembangunan (PKP) Jakarta pada 8 Maret 2016. 

Dilansir dari laman resmi Kemenag, even International Robotic Games ini diikuti oleh peserta dari beberapa negara, termasuk Indonesia, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Jepang dan Malaysia. Siswa MAN 3 Tangerang yang menang adalah Damanhuri dan Sumardhika. Sedangkan MAN 2 Jakarta diwakili oleh  M. Alfis Ramadhan, Khairi Ubaidah, dan dan Rahman Dani.

“MAN 3 Tangerang dan MAN 2 Jakarta merupakan salah satu perwakilan tim dari Indonesia untuk kategori Robotic Maze Solving/Line Follower Senior,” ungkap Yuyun Daryumi, pendamping MAN 2 Jakarta. 

Dalam lomba ini, peserta dituntut merangkai robot sendiri. Setelah itu, mereka memprogram robot tersebut agar bisa melintasi dua track yang ditentukan oleh panitia. Robot-robot itu biasanya digerakkan oleh sebuah sensor dinamo. 

Sebagai juara, mereka mendapatkan penghargaan berupa Piala Gubernur DKI Jakarta dan dana pembinaan dari Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama. Yuyun berharap, prestasi ini menjadi awal yang baik. Mengingat masa pengenalan terhadap robotik di madrasah terhitung baru. Prestasi-prestasi yang diraih siswa-siswa madrasah semoga menjadi semangat kreativitas dan membawa energi positif bagi siswa-siswi madrasah lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement