Jumat 26 Feb 2016 19:29 WIB

SI Dorong Program Kewirausahaan Umat

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Agung Sasongko
Sandiaga Uno
Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hamdan Zoelva terpilih menjadi Ketua Umum Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam (SI) Indonesia. Menurut Wakil Dewan Ekonomi SI Sandiaga Uno, di bawah kemepimpinan Hamdan, SI akan fokus pada permasalahan ekonomi.

"Ekonomi umat akan menjadi perhatian khusus," ujar Sandiaga saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (26/2).

Sandiaga menjelaskan kesejahteraan bangsa Indonesia sangat dipengaruhi oleh perekonomian. Untuk itu, masayarakat harus dibantu menjalankan peran yang signifikan dalam percaturan ekonomi agar tidak hanya menjadi penonton dinegeri sendiri.

Sandiaga memaparkan SI akan mendorong kewirausaahan masuarakat khususnya dengan melakukan pengembangan pasar. Hal tersebut senada dengan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam mengembangkan perekonomian umat.

"Nabi membangun Islam dimulai dari masjid kemudian pasar," jelas dia.

SI akan membuat lembaga lembaga kewirausahaan di daerah utamanya daerah padat untuk menggalang kegiatan kewirausahaan. Tujuannya adalah untuk agar masayarakat mampu menciptakan lapangan pekerjaan bukan mencari pekerjaan.

Program perekonomian ini, kata Sandiaga, lebih menyasar kepada masyarakat kalangan menengah ke bawah. Karena, tugas utama kepengurusan SI periode ini adalah  mengurangi kesenjangan antara ekonomi umat dan ekonomi nasional.

Sandiaga mengungkapkan daerah yang dipilih menjadi basis program perekonomian ini adalah Surabaya, Jakarta dan daerah lainnya yang memiliki perjuangan ekonomi yang kuat. SI sendiri menargetkan ekonomi umat dapat memberi kontribusi sekitar 10 sampai 20 persen dari ekonomi nasional dalam 5 sampai 10 tahun kedepan.

"Ekonomi umat sekarang masih di bawah empat persen," tutup Sandiaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement