Rabu 30 Dec 2015 05:31 WIB

Tahun 2070, Populasi Muslim Mendominasi Dunia

Muslim Inggris
Foto: AP
Muslim Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga riset, Pew Research Center menyatakan Islam merupakan agama yang paling cepat berkembang. Diprediksi tahun 2070, jumlah Muslim akan menandingi jumlah umat kristen.

"Cara lain dalam berpikir tentang hal itu karena Kristen tujuh abad lebih dulu daripada Islam, dan akhirnya Islam dapat menangkapnya," ujar Direktur penelitian agama PEW Alan Cooperman dilansir dari Muslimvillage.com, Rabu (30/12).

Saat ini umat Kristen masih mendominasi dunia dengan jumlah 2,2 miliyar pemeluk, atau setara dengan sepertiga populasi dunia. Tapi, melihat perkembangan Islam, dimungkinkan pada tahun 2050 Muslim akan berjumlah 30 persen dari populasi dunia. Presentase itu bertambah besar jika dibandingkan dengan tahun 2010 yang hanya 23 persen.

Melalui presentas tersebut, Muslim akan melebihi jumlah umat Kristen pada tahun 2070. Fakta tersebut bukan berarti menunjukan jumlah umat Kristen menurun, hanya saja pertumbuhannya tidak secepat Muslim.

Menurut data dari Pew, pertumbuhan cepat yang terjadi pada Muslim karena usia yang relatif muda, sehingga mempengaruhi usia kesuburan. Jika Muslim masuk dalam kesuburan dengan tingat yang tinggi, agama lain justru memasuki usia tua dalam populasinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement