Rabu 02 Dec 2015 06:42 WIB

Ini Manfaat Silaturahim

Pemilik Pesantren Keluarga Hadis,  Ahmad Lutfi Fathullah
Foto: ROL
Pemilik Pesantren Keluarga Hadis, Ahmad Lutfi Fathullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Pusat Kajian Hadis (PKH) Dr Ahmad Lutfi Fathullah MA mengungkapkan, silaturahim memiliki manfaat yang sangat banyak. Salah satunya adalah dilapangkan rezeki dan dipanjangkan umur.

Dalam kitabnya yang berjudul Selangkah Lagi Anda Masuk Surga, Tuntunan Nabi SAW untuk Meraih Surga Abadi, Lutfi mengutip hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan dari Anas ra yang artinya, ''Siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah dia menyambung tali silaturahim.'' (Muttafaqun 'alaihi).

Selain silaturahim memudahkan datangnya rezeki dan dipanjangkan umur, menurut pakar hadis yang selama belasan tahun mempelaji hadis di berbagai perguruan tinggi di Yordania, Suriah dan Malaysia ini, silaturahim juga memudahkan seseorang masuk surga dan dihindarkan dari neraka.

Lutfi kemudian mengutip hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari Abu Ayyub Khalid bin Zaid al-Anshari yang mengatakan, bahwa seseorang bertanya, ''Wahai Rasulullah, beritahukan kepadaku suatu amalan yang dapat memasukkanku ke dalam surga.''

Nabi SAW bersabda, ''Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukanNya dengan apa pun, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan menyambung silaturahim.'' Hadis riwayat al-Bukhari, Muslim, an-Nasai dan Ahmad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement