Rabu 03 Jun 2015 05:41 WIB

Mark Zuckerberg Antusias Baca Buku Karya Ibnu Khaldun

Mark Zucjerberg dan bacaan barunya, Muqaddimah.
Foto: alarabiya
Mark Zucjerberg dan bacaan barunya, Muqaddimah.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg mengungkapkan ia dalam aktivitas membaca sebuah buku mahakarya Islam. Buku itu ia sebut sangat populer, dibuat oleh penulis sejarah Muslim Arab dan sejarawan, Ibnu Khaldun.

Buku berjudul Muqaddimah tengah ia pamerkan di dunia maya sebagai teman bacaan terbarunya di tahun ini. Dalam sebuah posting Facebook pada Senin, Zuckerberg menulis: "Buku saya berikutnya untuk Tahun Ini adalah Muqaddimah oleh Ibnu Khaldun".

"Ini adalah sejarah dunia, ditulis oleh seorang intelektual yang tinggal pada 1300-an. Buku ini berfokus pada bagaimana masyarakat dan budaya tercipta, termasuk penciptaan kota, politik, perdagangan dan ilmu pengetahuan" tulis jutawan muda dunia tersebut, dilansir Al Arabiya, Selasa (2/6).

Ibnu Khaldun merupakan sosok terkenal dalam khazanah intelektual Islam. Buku Muqaddimah ditulis pada tahun 1377 dan tercatat sebagai pandangan awal sejarah yang universal. Ibnu Khaldun dianggap dunia sebagai salah satu pendiri sosiologi modern, historiografi dan ekonomi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement