Selasa 26 May 2015 02:30 WIB

Banten Siap Jamu Ribuan Santri di Pospenas 2016

Rep: c 81/ Red: Indah Wulandari
Santri di pesantren
Foto: Arief Priyoko/Antara
Santri di pesantren

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kementerian Agama RI berharap Provinsi Banten menyiapkan sesuatu yang berbeda dalam Pekan Olahraga Seni Pesantren Nasional (Pospenas) VII tahun 2016 mendatang. 

“Yang terpenting adalah meningkatkan ukhuwah islamiyah di kalangan santri, serta meningkatkan budaya berolahraga dan seni yang bernuansa islami serta apresiatif dalam rangka membina khazanah budaya bangsa," kata Sekjen Kemenag Nur Syam, Senin (25/5).

Menurutnya, Kemenag mendukung penuh agar Banten menjadi tuan rumah yang sukses menjamu ribuan santri yang menjadi partisipan.

Pospenas ke VII di Banten, lanjut Syam akan digelar tanggal 22-28 Oktober 2016 mendatang dengan tujuan membina para santri terutama yang ada di pondok pesantren untuk menggali potensi di bidang olahraga dan seni.

“Ini bagian dari membangun manusia yang beriman dan bertakwa, sehat jasmani dan rohani, berkualitas unggul, sportif, dan berdaya saing tinggi," ucapnya.

Plt Gubernur Banten Rano Karno berjanji, Banten akan menjadi tuan rumah yang sukses. Baik itu sukses pelaksanaan, sukses prestasi, sukses ekonomi, dan administrasi.

"Mengapa kami ngotot untuk menjadi tuan rumah, karena Banten memiliki banyak pesantren yang tentunya ini akan menjadi kekuatan untuk membangun pendidikan pesantren dan madrasah," katanya.

Rano menyebutkan, pelaksanaan Pospenas akan dipusatkan di Kota Serang sebagai ibu kota Provinsi Banten. Apalagi Serang memiliki prasarana olah raga cukup lengkap, begitu juga dengan penginapan yang tidak terlalu jauh dengan tempat pertandingan.

Terkait anggaran, Pihaknya menyebutkan bahwa Pemprov Banten sudah menganggarkan untuk kegiatan Pospenas ini sebesar Rp 20 miliar dari APBD tahun 2016 dan dibantu dari APBN sebesar Rp 11 miliar.

“Kami juga akan mengundang bapak Presiden RI Joko Widodo untuk secara resmi membuka even yang akan dihadiri ribuan santri dari seluruh Indonesia,” katanya.

Pospenas VII tahun 2016 akan mempertandingkan 11 cabang olahraga, yakni atletik, bola basket, bola voli, bulu tangkis, futsal, sepak takraw, tenis meja, pencak silat, senam santri, dan panahan.

Sementara 12 cabang seni yakni kasidah, hadrah, stand up comedy, pidato tiga bahasa, seni lukis islami, cipta puisi, kaligrafi hiasan mushaf Alquran, kriya, fragmen, pakeraf, dan fotografi Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement