Rabu 17 Dec 2014 14:11 WIB

Keluarga Harus Jadi Fondasi Utama Pendidikan Akhlak

Rep: CR02/ Red: Indah Wulandari
Keluarga Muslim
Foto: .
Keluarga Muslim

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Rektor Institut Ilmu Alquran (IIQ) sekaligus pakar Alquran Ahsin Sakho mengatakan bahwa keluarga merupakan pondasi utama untuk mendidik ahlak dan nilai agama anak-anak mereka.

Pondasi ahlak yang kuat akan menjadikan seorang anak yang memiliki sikap dan etika yang baik dalam kehidupan bermasyarakat.

"Keluarga harus jadi pondasi utama untuk menerapkan pendidikan ahlak dan nilai-nilai agama," kata Ahsin kepada ROL, Rabu (17/12).

Pelemahan akidah dan mulainya pengikisan agama sangat mengkhawatirkan bagi generasi umat Muslim. Ahsin menilai hal tersebut tak terlepas dari kurangnya pemahaman nilai-nilai agama yang baik.

Menurutnya, bagi umat Muslim mereka harus lebih mempelajari dan mempraktekkan nilai agama dan nilai kemanusiaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari upaya pelemahan akidah.

"Islam itu mempraktekkan nilai kemanusiaan dan ajaran agama yang baik mulai dari ahlak dan etika, Insya Allah kita menjadi Muslim yang baik," ujar Ahsin.

Maka dari itu, Ahsin mengingatkan pentingnya pendidikan ahlak yang harus dibangun di dalam keluarga sebagai lingkungan pertama yang dikenal oleh anak-anak sejak dini.

"Keluarga merupakan yang paling ideal dan tepat untuk mendidik ahlak anak-anak sejak dini," ujar Ahsin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement