Selasa 28 Oct 2014 09:15 WIB

Konflik Timur Tengah Berdampak Besar ke Indonesia

Imigran asal Timur Tengah (ilustrasi)
Foto: antara
Imigran asal Timur Tengah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--International Conference of Islamic Scholars (ICIS) menggelar seminar tentang konflik dan proses demokratisasi di Timur Tengah karena dampaknya terasa hingga ke Indonesia.

"Seminar ini ingin mengupas akar masalah di Timur Tengah, khususnya ISIS dari sisi efeknya terhadap stabilitas di Indonesia hingga dari tokoh-tokoh Irak dan Suriah sendiri,” tegas salah satu seminar Ahmad Millah Hasan, Selasa (28/10).

Seminar yang berlangsung tanggal 30-31 Oktober 2014 di Ponpes Al-Hikam, Depok ini mengundang sejumlah pembicara terkemuka. Mulai dari Dewan Waqf Sunni Irak, Kemenlu Irak, Badan Pemberantasan Terorisme Irak, hingga para tokoh Timur Tengah seperti Najih Ibrahim (Mesir), Bhasar Samarah (Suriah), dan Duta Besar Palestina Fariz Mehdawi.

Dari Indonesia ada Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Kapolri Jenderal Sutarman, Direktur Timteng Kemenlu Febrian Alphyanto Ruddyard, dan mantan Kepala BNPT Ansyad Mbai. Serta tak lupa Sekjen ICIS KH Hasyim Muzadi.

“Dengan seminar ini, diharapkan akan mememberikan pemahaman mendalam tentang konflik di Timur Tengah serta ISIS yang membawa dampak besar pada Indonesia pula,” imbuh Millah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement