Selasa 05 Nov 2013 22:08 WIB

Azyumardi: Sambut Tahun Baru Hijriah dengan Meninggalkan Sikap Koruptif

Rep: Amri Amrullah/ Red: Heri Ruslan
Azyumardi Azra
Foto: Republika/Daan
Azyumardi Azra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cendekiawan Muslim, Prod Azyumardi Azra mengajak umat Islam untuk memperkuat tekad hijrah dari sikap hidup yang koruptif ke hidup dengan integritas yang bebas dari berbagai bentuk kemaksiatan.

"Kasus yang kian marak saat ini seperti korupsi, miras dan narkoba, seharusnya menjadi pembelajaran kedepan agar perjalanan umat Islam Indonesia sebagai bangsa semakin lebih baik," ujar mantan rektor UIN Jakarta itu dalam pesan menyambut Tahun Baru 1435 Hijriah.

Ia mengimbau umat Islam agar meningkatkan kualitas Iman, Islam dan Ihsan guna mengaktualisasikan kesalehan personal menjadi kesalehan sosial. ''Hanya dengan begitu umat Islam dapat mewujudkan Islam sebagai  rahmatan lil 'alamin," ungkapnya.

Hilangnya kesalehan sebagian umat Islam saat ini, kata dia, dipicu sebagian umat hanya saleh secara personal. "Rajin melakukan macam-macam  ibadah, tapi itu hanya berlaku di masjid. Ketika  di luar itu, sikap mereka tidak saleh, tidak takut pada Allah dengan melakukan korupsi dan  maksiat-maksiat lain. Menjadi Islam harus tidak hanya di masjid, tapi juga di pasar, di kantor, di jalan raya dan sebagainya,'' tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement