Jumat 23 Sep 2011 10:48 WIB

Kuota Haji Klaten 1.117 Orang, Salah Satunya Berusia 91 Tahun

Rep: Edy Setiyoko/ Red: Didi Purwadi
Jamaah haji Indonesia di Masjidil Haram (ilustrasi).
Foto: Republika/Siwi Tri Puji
Jamaah haji Indonesia di Masjidil Haram (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,KLATEN - Kuota calon jamaah (Calhaj) Kabupaten Klaten 2011 sebanyak 1.117 orang. Mereka menurut jadwal jamaah akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada 20 Oktober mendatang. Mereka terbagi dalam empat kloter.

 

Dari jumlah itu, Rahma Ima Mekawati (21) warga Dukuh Ngrueng, Desa Wiro, Kecamatan Bayat, tercatat calhaj termuda yang tahun ini berangkat ke Tanah Suci. Sedangkan Calhaj tertua, Marsini, berusia 91 tahun. Marsini warga Dukuh Jetisan, Desa Jumuh, Kecamatan Polanharjo.

 

“Semoga seluruh Calhaj yang tahun ini menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci akan menjadi haji yang mabrur,” kata Kasi Pemberangkatan Haji dan Umroh Kementrian Agama (Kemenag) Klaten, M Yusuf.

 

Sementara, tercatat 50 jamaah masuk daftar waiting list (daftar tunggu) hingga pemberangkatan haji tahun depan. Mereka menunda berangkat ke Tanah Suci tahun ini karena berbagai faktor. Seperti, kondisi hamil hingga kesehatan yang tak memungkinkan untuk berangkat.

 

Yusuf menerangkan seluruh Calhaj yang menunda keberangkatannya tahun ini akan dimasukkan dalam daftar keberangkatan jamaah haji tahun 2012. Sedangkan, empat jemaah haji untuk kuota tambahan dinyatakan gagal berangkat ke Tanah Suci. Dari total tujuh kuota tambahan, hanya ada tiga calhaj yang melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

“Keempat calhaj menunda keberangkatannya lantaran hingga batas pelunasan BPIH pada Senin (19/9), mereka belum melunasinya,” tambah M Yusuf. Kekosongan kursi keempat orang itu akan digantikan jamaah nomor urut berikutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement