Rabu 15 Feb 2012 15:42 WIB

Satukan Awal Ramadhan, Konferensi Ulama Astronomi Terbesar Digelar di Makkah

Rep: Amri Amrullah/ Red: Ramdhan Muhaimin
Sistem penghitungan pada kalender hijriyah menggunakan perputaran bulan. (ilustrasi)
Sistem penghitungan pada kalender hijriyah menggunakan perputaran bulan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH - Sebuah konferensi astronomi Islam terbesar digelar di Makkah, Arab Saudi. Konferensi yang mengikut sertakan para ulama ahli astronomi dari negara-negara Islam ini bertemu, menyerukan pembentukan Komite Ulama Astronomi Dunia. Komite ini nantinya memiliki kewenangan untuk menyatukan awal bulan bulan pada negara-negara Muslim.

Komite ini akan berbasis di Liga Dunia Muslim (MWL) di Makkah, akan mempelajari semua pekerjaan penelitian sejauh ini. Konferensi ini, diselenggarakan oleh Akademi Fikih Islam berbagai mazhab, afiliasi dari MWL. Konferensi menekankan pentingnya menyatukan persamaan bulan untuk menentukan awal bulan Ramadhan, Syawal dan Dzul Hijjah.

Ulama dan Ilmuwan Inggris ikut ambil bagian dalam menyampaikan jurispruden ilmu astronomi. Mufti Agung Arab Saudi, Syaikh Abdul Aziz Al-Asheikh menekankan pentingnya penentuan awal bulan Hijriah berdasarkan penampakan bulan. 

"Islam telah menentukan bahwa awal dan akhir dari puasa tergantung pada penampakan bulan sabit dan tidak ada perbedaan pendapat tentang ini," katanya yang dilansir arabnews, Rabu (15/2).

Namun, konferensi ulama Astronomi ini tidak berkeberatan untuk memanfaatkan sarana teknologi modern untuk melihat bulan. Ini untuk membantu apabila polusi udara dan kondisi langit telah menyulitkan untuk melihat bulan dengan mata telanjang. Selain itu, komite akan mempertimbangkan Makkah sebagai pusat untuk observasi astronomi dan mengeluarkan kalender Hijriah bersatu bagi umat Islam sedunia.

Para peserta konferensi mengatakan keterangan saksi tidak dapat diterima jika tidak mungkin untuk melihat bulan atas dasar fakta-fakta ilmiah kategoris. Mereka juga sepakat bahwa minoritas Muslim yang tinggal di suatu negara harus mulai atau berhenti puasa selama Ramadhan jika bulan itu terlihat di mana saja di negara ini.

"Jika minoritas Muslim di negara non-Muslim tidak bisa melihat bulan baru untuk alasan apapun mereka harus mengikuti negara muslim terdekat atau kelompok minoritas Muslim," dalam rilis konferensi yang dilansir arabnews.

Konferensi ini mendesak para astronom Muslim untuk memberikan informasi yang benar berkaitan dengan penampakan bulan kepada instansi yang berwenang di suatu negara. Hal ini juga mendesak masyarakat untuk tidak meragukan penampakan bulan setelah disetujui oleh otoritas pemerintah setempat.

sumber : arabnews
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement