Ahad 31 Jul 2011 07:30 WIB

Karena Pakai Jilbab, Muslimah ABG Dikeluarkan dari Pertandingan Basket

Pemain basket muslimah sedang menunaikan sholat di lapangan basket. (ilustrasi)
Foto: www.ngebasket.files.wordpress.com
Pemain basket muslimah sedang menunaikan sholat di lapangan basket. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,MARYLAND - Maheen Haq, ABG muslimah berusia 12 tahun, menangis ketika wasit menyuruhnya keluar dari sebuah pertandingan basket. Maheen akhirnya terpaksa duduk di bangku cadangan pada paruh pertama pertandingan karena wasit menilai jilbabnya berpotensi menimbulkan risiko keamanan.

Wasit mengatakan Maheen berpotensi tersedak apabila tetap mengenakan jilbab dalam pertandingan. Namun, remaja kelas tujuh dari Hagerstown itu akhirnya diizinkan untuk memainkan babak kedua dengan mengenakan jilbab. Izin tersebut diberikan setelah seorang administrator liga menjamin bahwa alasan agama sebagai sebuah pengecualian.

Dr Muhammad dan Anina Haq, orang tua Maheen, mengatakan bahwa putri mereka menangis setelah ia dipanggil keluar. Daphnie V. Campbell, koordinator liga, mengatakan orang tua gadis itu harus memberikan surat yang menyatakan bahwa jilbab adalah bagian dari agama putri mereka. Mereka juga harus menerima tanggung jawab untuk setiap cedera akibat pengenaan jilbab tersebut.

Seorang juru bicara Dewan Hubungan Amerika-Islam, Ibrahim Hooper, mengatakan ada jilbab yang didesain khusus sehingga bisa dipakai untuk olahraga. Dia mengatakan kasus seperti ini biasanya dapat diselesaikan dengan kerjasama dari kedua belah pihak.

sumber : www.dailymail.co.uk
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement