Ahad 27 May 2018 14:33 WIB

Rumah Sakit Tertua di Suriah

Para sejarawan telah mencatat bahwa rumah sakit Damaskus sudah ada sejak tahun 706.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Bimaristan
Foto: Wikipedia
Bimaristan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Ada cukup bukti sejarah bahwa rumah sakit telah ada sejak periode Bizantium. Fasilitas medis ini dibangun untuk merawat mereka yang menderita kusta.

Peradaban Muslim yang hadir setelah Bizantium telah mengembangkan teknik yang sebagian besar berasal dari Yunani. Para sejarawan telah mencatat bahwa rumah sakit Damaskus sudah ada sejak tahun 706 pada masa Umayah.

Sementara, selama puncak kekhalifahan Abbasiyah, lebih dari 60 rumah sakit berdiri di Kota Baghdad. Bimaristan istilah Persia dan secara harfiah berarti rumah orang sakit diperkenalkan ke dalam bahasa Arab pada abad ke-9.

photo
Bimaristan

Asal usul kata ini kembali ke pertengahan abad ke-5 ketika orang-orang Nestorian yang dianiaya bermukim di Sasanid Persia. Mereka disambut dan dari generasi ke generasi mereka menjadi dokter.

Rumah sakit dibangun selama abad pertengahan di Irak, Persia, Suriah, dan Mesir. Allen O Whipple telah memberikan daftar 63 rumah sakit di negara-negara ini. Namun, kebanyakan saat ini tidak ada bukti bangunan kecuali dalam nama atau buku-buku sejarah.

Berikut ini adalah tiga rumah sakit abad pertengahan di Suriah, yang dibangun pada abad ke-12 dan ke-14.

Nuri Aleppo

Nuruddin Zanki (1117-1173) saat menjadi gubernur Aleppo per- nah menduduki sebagian besar wilayah Suriah dan Mesopotamia. Dia membangun rumah sakit di Aleppo di bawah pengawasan dokternya Ibnu Butlan.

photo
Bimaristan Nur Allepo/Wikipedia

Tanggal pembuatannya dalam buku Whipple (1048) adalah salah cetak, tetapi sumber lain menyebutkannya 1148-1155. Gaya bangunannya sangat khas Ayyubiyah. Meski masih ada, kon- disi bangunannya telah bobrok.

Arghun Al-Kamili

Rumah sakit lain di Aleppo dikenal sebagai Bimaristan Arghun al-Kamili. Nama itu adalah gubernur Mamluk di Aleppo yang memban- gun rumah sakit pada tahun 1354 di sebuah situs yang merupakan istana tempat tinggal.

Bangunan batu yang besar dengan rancangan yang cukup rumit bahkan sampai hari ini berdiri di atas pijakan yang kuat, dekat dengan Bab Qinnesreen salah satu dari banyak gerbang kota tua. Pintu masuknya dilindungi oleh pagar besi tempa modern menghadap ke jalan yang juga dikenal sebagai Qinnesreen.

Rumah Sakit Qaymari

Bimaristan al-Qaymari hampir merupakan rumah sakit tua tidak dikenal. Lokasinya di tengah pasar sayur, dikelilingi oleh sampah yang tidak enak dilihat dari pedagang lokal dan khalayak umum.

photo
Bimaristan Al-Qamayari/archnet

Letaknya di Distrik Salihiyya di atas bukit yang menghadap ke Damaskus tua. Daerah ini pertama kali dihuni oleh para pengungsi tentara salib dan. Ada se- buah makam sufi suci abad ke-12 di dekatnya.

Catatan sejarah singkat dalam bahasa Arab ten- tang marmer yang relatif modern di sisi kanan menggambarkan bahwa itu dibangun pada tahun 1248 oleh anggota keluarga Kurdi Sayuddin Yusuf al- Qaymari.

photo
Bangunan Bimaristan Al Qamayari/Archnet

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement