Rabu , 03 January 2018, 19:15 WIB

Umat Islam Pernah Kuasai Jalur Perdagangan Laut Tengah

Rep: Hid/ Red: Agung Sasongko
Wikipedia.com
Laut Mediterania atau Laut Tengah
Laut Mediterania atau Laut Tengah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Secara geografis, Laut Tengah yang kondang pula dengan sebutan Laut Mediterania (Mediterania berarti daratan/negeri tengah) adalah laut antarbenua yang terletak di antara benua Eropa di utara, Afrika di selatan, dan Asia di timur. 

Laut Tengah dihubungkan ke Samudra Atlantik oleh Selat Gibraltar. Sedangkan, Selat Bosporus menghu bung kan Mediterania dengan Laut Hitam. Terusan Suez, kanal buatan manusia yang terkenal itu, menghubungkan Laut Tengah dan Laut Merah.

Karena hubungannya yang sempit dengan samudra, pasang-surut di Laut Tengah sangat terbatas. Dalam hal iklim, wilayah Laut Tengah biasanya basah pada musim dingin dan kering pada musim panas. Dengan iklim se perti ini, tumbuhan yang banyak tum buh di sini adalah zaitun, anggur, dan jeruk. 

Pada masa lalu, laut ini merupakan jalur lalu lintas yang sibuk, memung kinkan perdagangan dan pertukaran budaya antara orang Mesir, Yunani Kuno, Romawi Kuno, dan Timur Tengah. Sejak abad ke-10, kaum Muslim menjadi penguasa jalur perdagangan di wilayah ini.