Senin 21 Aug 2017 22:51 WIB

Peninggalan Kekaisaran Golden Horde di Rusia

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Agung Sasongko
Masjid Agung di Makhachkala, Dagestan.
Masjid Agung di Makhachkala, Dagestan.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Golden Horde merupakan kekaisaran Mongol Turki pada abad pertengahan. Wilayahnya membentang dari Eropa Timur hingga Siberia Barat. Kekaisaran ini didirikan tahun 1236 oleh suku nomaden Turki dan Mongol. Kaisar pertama adalah Batu Khan yang memerintah 1236 hingga 1255 M.

Pada abad ke 13 Golden Horde dipimpin oleh Berke Khan dan Nogal Khan yang telah memeluk Islam. Agama tersebut berkembang pada 1312-1341 saat dipimpin oleh Sultan Uzbeg. Konsentrasi terbesar situs warisan Islam Rusia dapat ditemukan di Bashkiria dan Tatarstan. Dua provinsi ini berdekatan di Ural selatan dan wilayah Volga. Berikut peninggalan Kekaisaran Golden Horde di Rusia yang masih terawat.

Pemakaman Borga Kash di Ingushetia

Pemakaman yang berusia 600 tahun ini, adalah situs warisan nasional yang penting. Ada prasasti dalam bahasa Arab yang masih tersimpan di atas pintu masuknya. Menurut beberapa pakar, ada sebuah situs penguburan kolektif yang menampung beberapa peti mati kayu di bawah struktur batu. Sejarawan masih tidak sepakat bagaimana dan mengapa makam ini dibangun. Beberapa mengklaim makam ini didirikan oleh seorang putri cantik di atas kuburan kekasihnya. Sedangkan pendapat lain bersikeras bahwa ini adalah tempat peristirahatan terakhir syekh. Periset modern percaya bahwa pemakaman ini adalah milik gubernur setempat yang memerintah atas nama Khan Uzbek Turki.

Pemakaman Tutibike di Dagestan

Kota Dagestani Derbent dianggap sebagai salah satu pemukiman manusia tertua. Kota ini memiliki dua tempat suci yang sangat dihormati oleh Muslim di Kaukasus Utara, yaitu Makam Tutibike dan Kyrkhlyar. Pemakaman Tutibike didirikan pada 17871788 oleh Khan Derbent dan Kuba, Fet-Ali-Khan, untuk menghormati istri dan rekan penguasa Derbent, Tutibike. Legenda mengatakan, Tutibike adalah penguasa yang sangat bijaksana dan pemberani. Di sekitar makam itu ada sebuah tempat bernama Kyrkhlyar yang berarti empat puluh dalam bahasa Turki. Ini adalah situs pemakaman yang menyimpan jasad mujahid Islam. Sarkofagus di atas kuburan dipahat dari seluruh blok batu.

Benteng Kala Quraysh di Dagestan

Benteng Kala Quraysh adalah lokasi masjid tertua di Rusia, yang dibangun pada abad ke9. Ada juga sebuah lemari besi kuno yang disimpan disana. Benteng kuno Kala Quraysh terletak seribu meter di atas permukaan laut. Ini adalah benteng pertama yang dibangun sebagai bukti penyebaran Islam di Kaukasus. Benteng ini didirikan pada abad ke-7 Masehi oleh keturunan suku Quraisy. Pemukiman itu menyerupai labirin bertingkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement