Jumat 26 May 2017 15:41 WIB

Auckland Akui Hari Besar Islam

Ramadhan
Foto: IST
Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muslimin Auckland menganut beragam mazhab, sebagian ada yang Syafi’i, Hanbali, Hanafi, dan ada pula yang Maliki. Bahkan tak hanya Sunni, terdapat pula Syiah yang jumlahnya sekitar 1.500 orang dan membentuk komunitas kecil dan berencana membangun sekolah Islam Syiah di Auckland.

Saat dua hari raya tiba, Muslimin Auckland mendapat hak untuk merayakannya. Mereka biasanya mengadakan pasar hari raya (Eid Fast) yang menjual berbagai kebutuhan Muslimin, seperti sajadah, jilbab, pakaian Muslim, makanan halal, dan sebagainya. Eid Fest ini rutin dihelat setiap hari raya sejak 1999. Acara biasanya digelar di taman Kota Auckland.

 

Adapun untuk pendidikan, terdapat dua sekolah Muslim di Auckland, yakni Al Madinah School and Zayed College. Selain di Auckland, tak ada sekolah Muslim lain di Selandia Baru. Sekolah Al Madinah dibuka untuk anak-anak Muslim, baik pria maupun wanita, usia satu hingga 13 tahun.

Adapun Zayyed College dibuka hanya untuk anak perempuan usia sembilan hingga 13 tahun. Ratusan anak mengenyam pendidikan di dua sekolah tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement