Rabu 15 Apr 2015 22:41 WIB

Di Sinilah Rasulullah Shalat Jumat Pertama Kali Tiba di Madinah

Masjid Jumat di Madinah
Foto: madina2013.com
Masjid Jumat di Madinah

REPUBLIKA.CO.ID, Selama berabad-abad, Madinah menjadi titik penting bagi dinasti-dinasti Islam yang berkuasa dan meninggalkan situs-situs bersejarah yang masih berdiri hingga kini, di antaranya adalah masjid.

Sebagian dari masjid-masjid itu, pernah disinggahi oleh Rasulullah dan dijadikan sebagai tempat shalat.

Ternyata, bukan hanya Masjid Nabawi atau Masjid Quba yang terkenal itu. Masih terdapat masjid lain yang pernah dituju Rasul untuk shalat. Jumlahnya mencapai puluhan. Di antaranya adalah Masjid Jum'at.

Masjid yang terletak di barat daya Kota Madinah tersebut, adalah titik lokasi pelaksanaan shalat Jumat pertama kali oleh Rasul beserta rombongan ketika habis singgah dari Quba menuju Madinah. Rasul tiba di Madinah dari Makkah pada Senin 12 Rabiul Awal dan menetap di Quba selama empat hari hingga Jumat pagi 16 Rabiul Awal.

Begitu keluar Madinah, waktu shalat Jumat tiba. Maka di sinilah Rasul melakukan shalat Jumat pertama kalinya di Madinah. Karena itulah dinamakan Masjid Jum'at. Khalifah Umar bin Abd al-Aziz merenovasi ulang dan kembali diperbaiki pada masa Dinasti Abbasiyah antara 155-159 H. Masjid ini juga disebut dengan Masjid Bani Salim, karena terletak di perkampungan Bani Salim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement