Senin 08 Feb 2016 08:10 WIB

Amalan Ini Lebih Besar Pahalanya dari Shalat dan Puasa

Silaturahim (ilustrasi).
Foto: blogspot.com
Silaturahim (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,  Rasulullah SAW, sebagaimana diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, suatu ketika bertanya kepada para sahabatnya, ''Maukah kalian aku tunjukkan amal yang lebih besar pahalanya dari shalat dan puasa? Yaitu engkau damaikan orang-orang yang bertengkar, dan barangsiapa yang ingin panjang usia dan banyak rezeki, sambungkanlah tali silaturahmi.''

Dalam Hadis lain, Rasulullah bersabda, ''Tebarkanlah salam, perkuat silaturahmi, santunilah fakir miskin, dan jangan tinggalkan shalat malam.'' (HR Muslim). 

''Barang siapa percaya kepada Allah dan hari akhirat, hendaklah mengadakan silaturahmi.'' (HR Bukhari-Muslim). ''Beribadah kepada Allah dengan tidak menyekutukan-Nya, melaksanakan shalat, mengeluarkan zakat, dan mengadakan silaturahmi,'' demikian jawaban Rasulullah SAW ketika ditanya tentang perbuatan apa yang baik harus dilakukan. (HR Bukhari). 

Nabi Muhammad SAW adalah teladan yang paling nyata dalam memberi maaf kepada musuh. Diriwayatkan oleh Abdullah bin 'Auf: Kami waktu itu sedang berkumpul bersama Rasulullah SAW dan beliau bersabda, 'Janganlah duduk bersamaku, orang yang memutuskan persaudaraan.' Mendengar ucapan tersebut, seorang pemuda berdiri meninggalkan majelis. 

Pemuda itu rupanya telah lama bertengkar dengan bibinya. Ia lalu minta maaf kepada bibinya dan bibinya pun memaafkannya. Setelah itu dia kembali ke majelis, dan Nabi bersabda, 'Sesungguhnya rahmat Allah tidak akan turun apabila yang di situ ada orang yang memutuskan tali persaudaraan.' 

Karena itulah, lebaran atau Idul Fitri ini saat yang tepat untuk merajut tali persaudaraan, sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW dan digariskan Alquran. Setelah sebulan lamanya kita menjalankan ibadah puasa Ramadhan, maka alangkah meruginya bila kualitas ibadah sebulan penuh itu tanpa dilengkapi dengan saling memberi maaf dan meneguhkan kembali tali silaturahim.

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement