Ahad 23 Mar 2025 20:13 WIB

KAI Berangkatkan 345 Ribu Penumpang pada Tiga Hari Pertama Periode Mudik Lebaran 2025

Para penumpang itu menggunakan layanan kereta api jarak jauh dan lokal.

Sejumlah pemudik kereta api jarak jauh berada di dalam kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Ahad (23/3/2025). Kondisi stasiun Pasar Senen saat ini terlihat lebih ramai terutama di area tunggu yang dipenuhi pemudik dengan membawa koper dan bungkusan kardus yang siap dibawa pulang ke kampung halaman. Sepekan menjelang Idul Fitri, Sejumlah warga memilih mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan penumpang dan kesulitan mendapatkan tiket kereta pada arus mudik 2025. Selain itu pemudik memilih untuk pulang lebih awal agar dapat menghabiskan waktu lebih lama di kampung halaman.
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah pemudik kereta api jarak jauh berada di dalam kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Ahad (23/3/2025). Kondisi stasiun Pasar Senen saat ini terlihat lebih ramai terutama di area tunggu yang dipenuhi pemudik dengan membawa koper dan bungkusan kardus yang siap dibawa pulang ke kampung halaman. Sepekan menjelang Idul Fitri, Sejumlah warga memilih mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan penumpang dan kesulitan mendapatkan tiket kereta pada arus mudik 2025. Selain itu pemudik memilih untuk pulang lebih awal agar dapat menghabiskan waktu lebih lama di kampung halaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat 345.017 penumpang diberangkatkan dalam tiga hari pertama sejak 21 hingga 23 Maret pada periode angkutan Lebaran Idul Fitri 2025/1446 Hijriah. Para penumpang itu menggunakan layanan kereta api jarak jauh dan lokal.

"Dalam tiga hari pertama, yaitu dari 21 hingga 23 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, sebanyak 345.017 penumpang telah diberangkatkan menggunakan layanan kereta api jarak jauh maupun lokal," kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dikonfirmasi di Jakarta, Ahad (23/3/2025).

Baca Juga

KAI mencatat tingginya antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan layanan kereta api pada periode Angkutan Lebaran 2025. Anne menyampaikan bahwa KAI berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik guna mendukung kelancaran arus mudik dan balik selama periode Lebaran.

“Kami melihat antusiasme masyarakat yang sangat tinggi terhadap moda transportasi kereta api. Ini mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan yang kami sediakan,” ujar Anne.

Untuk mendukung kebutuhan transportasi selama periode angkutan Lebaran 2025 yang berlangsung pada 21 Maret hingga 11 April 2025, KAI menyediakan total kapasitas hingga 4.591.510 tempat duduk. Dari jumlah tersebut, 3.443.832 kursi dialokasikan untuk KA Jarak Jauh, sementara 1.147.678 kursi tersedia untuk KA Lokal.

Hingga 23 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, penjualan tiket terus menunjukkan tren positif. Total tiket yang telah terjual mencapai 2.621.676 tiket atau sekitar 57,52 persen dari total kapasitas yang disediakan.

Dari jumlah tersebut, 2.468.296 tiket merupakan KA Jarak Jauh dengan tingkat okupansi mencapai 72,10 persen. Sementara itu, tiket KA Lokal yang terjual sebanyak 153.380 tiket atau setara dengan 13,78 persen dari total kapasitas.

Anne menambahkan bahwa penjualan tiket KA Lokal cenderung meningkat mendekati hari keberangkatan karena masyarakat biasanya melakukan pembelian secara spontan.

“Kami optimis penjualan tiket KA Lokal akan terus bertumbuh seiring mendekatnya puncak arus mudik dan balik. KAI akan terus memantau pergerakan penumpang dan melakukan evaluasi untuk memastikan pelayanan terbaik,” jelas Anne.

Dia menyebutkan, pada 22 Maret 2025, volume penumpang yang diberangkatkan mencapai 174.461 penumpang, terdiri dari 146.524 penumpang KA Jarak Jauh dan 27.937 penumpang KA Lokal.

"Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, realisasi ini mengalami peningkatan sebesar 42,45 persen," ucap Anne,

Lebih lanjut, Anne mengatakan bahwa kinerja kumulatif juga menunjukkan hasil yang positif. Dari 21 hingga 22 Maret 2025, total volume penumpang mencapai 345.017 orang. Jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2024, terdapat peningkatan sebesar 20,59 persen.

KAI juga mencatat bahwa pencapaian KA JJ telah melampaui program yang ditargetkan pada periode tersebut. Realisasi volume penumpang KA Jarak Jauh mencapai 109,05 persen dari target.

“Kami terus berupaya memastikan perjalanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu bagi seluruh pelanggan," tutur Anne.

KAI juga mengimbau para penumpang agar memanfaatkan layanan online melalui aplikasi Access by KAI dan booking.kai.id untuk pembelian tiket dan informasi terkini.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement