Kamis 24 Oct 2024 21:48 WIB

Hari Santri 2024, Baznas Berikan Beasiswa Bagi 17.481 Santri

Santri banyak berkontribusi membangun negeri.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Sejumlah santri menyanyikan Mars Santri saat mengikuti upacara memperingati Hari Santri Nasional.
Foto: ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin
Sejumlah santri menyanyikan Mars Santri saat mengikuti upacara memperingati Hari Santri Nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar acara peringatan "Hari Santri Nasional Baznas 2024: Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan" di Sekolah Cendekia Baznas, Kabupaten Bogor, Selasa (22/10/2024). Dalam acara ini, Baznas melaporkan telah memberikan beasiswa kepada 17.481 santri, dan 1.954 santri penerima Beasiswa Ma'had Aly sejak 2021-2024.

Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan melaporkan, Baznas telah mempersiapkan berbagai skema dukungan kepada para santri, salah satunya adalah beasiswa santri Baznas menuju Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Baca Juga

Sampai hari ini, menurut dia, Baznas telah mempersiapkan hampir 17.481 penerima beasiswa santri.

"Besar dukungan Baznas terhadap santri terutama santri dalam jurusan Scientific, Technology, Engineering, Mathematic (STEM)," ujar Saidah dalam siaran pers yang diterima Republika Selasa (22/10/2024).

“Pak ketua (Ketua Baznas) menginginkan next teknokrat itu harus dari kalangan santri, maka Baznas telah mempersiapkan hampir 17.481 santri yang mendapatkan beasiswa untuk menuju PTN,” ucap dia.

Tak hanya itu, tambah dia, Baznas menyiapkan para santri untuk menjadi ulama. Apabila santri tidak melanjutkan pendidikan, Baznas juga memberikan program entrepreneur untuk para santri sehingga dapat menebarkan kemaslahatan di sekitarnya.

Dalam acara peringatan Hari Santri ini, Ketua Baznas RI, Prof KH Noor Achmad berharap, para santri Indonesia dapat terus memanfaatkan program-program Baznas sebagai jalan untuk pengembangan diri.

“Apa yang diberikan Baznas ini hendaknya dijadikan sebagai sebuah wasilah untuk mencapai semua potensi yang ada di para santri,” ujar Prof Noor

“Kita tunggu bagaimana peran santri ke depan. Ke depan adalah sebuah pertarungan ilmu sehingga dengan demikian adalah apa yang dilakukan sekarang adalah jihad fisabilillah, fil ‘ilmi,” ucap dia.

Peringatan Hari Santri yang digelar Baznas ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti pentas seni, khataman Alquran, lomba sholawat, hingga lomba storytelling Santri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement