Selasa 22 Oct 2024 20:40 WIB

Hari Santri Nasional: Pesantren Mewah Tapi Berbiaya Murah, Apa Ada?

Pesantren terus berinovasi dengan tanpa menghilangkan identitasnya

 Para santri Pesantren Bina Insan Mulia 1 dan Bina Mulia 2 yang telah berhasil mengikuti program Tahfidz BimaQu diwisuda.
Foto: istimewa
Para santri Pesantren Bina Insan Mulia 1 dan Bina Mulia 2 yang telah berhasil mengikuti program Tahfidz BimaQu diwisuda.

Oleh : Dr (HC) Ubaydillah Anwar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Hari Santri Nasional rutin diperingati setiap 22 Oktober. Santri dan Pesantren dua entitas yang tidak bisa dipisahkan.

Pesantren sebagai lembaga pendidikan bertahun-tahun identik dengan tradisional, tapi hari ini pesantren terus berkembang dengan beragam inovasinya.

Baca Juga

Tak bisa dimungkiri, tren hari ini di lembaga pesantren atau sekolah bahwa fasilitas mewah selalu menuntut biaya selangit. Maka pertanyaannya, masih adakah pesantren yang biayanya rendah, namun fasilitasnya mewah?

Sebelum Anda berkenalah dengan Pesantren VIP Bina Insan Mulia 2, jangan dulu menjawab tidak ada.

Meski menggunakan nama VIP, tapi ternyata yang dimaksud di situ bukan bayarannya yang tinggi, melainkan fasilitas dan layanan pendidikan yang dijamin VIP, alias tinggi dan mewah. Untuk membuktikan dan membandingkan dengan pesantren atau sekolah lain, hari ini mudah dilakukan. Lebih konkret lagi kalau Anda berkunjung langsung.

Dengan seluruh fasilitas dan layanan pendidikan yang tergolong mewah, Pesantren VIP Bina Insan Mulia 2 hanya mematok biaya masuk 24.900 juta dan biaya bulanan sebesar 1.7 juta. Jika dibandingkan dengan pesantren atau sekolah yang biayanya 2 kali lipat sekalipun, fasilitas dan layanan mewah itu tidak ditemukan.

Itulah yang bisa dipahami kenapa Pesantren VIP Bina Insan Mulia 2 mendapatkan respons luar biasa dari masyarakat. Baru tiga tahun beroperasi, santrinya sudah lebih dari 1.000 dari seluruh Indonesia. Bahkan menurut Tim PPDB, untuk masuk pun saat ini harus inden dulu karena peminatnya yang mengantri.

Para santri tinggal di rumah-rumah joglo berukuran 10x10 yang diisi rata-rata 20 santri. Di dalamnya terdapat fasilitas TV 70 inc, kulkas 2 pintu, AC 2 PK, sambungan internet full 24 jam, playstation. Kamar mandi di dalam rumah joglo dengan standar hotel berbintang dilengkapi kasur bertingkat dengan kualitas premium.

Di setiap rumah joglo ada pembimbing yang mendampingi para santri. Untuk makan, para santri mendapatkan layanan 3 kali plus snack setiap hari, bahkan ada jadwal untuk western food di hari khusus. Mereka juga mendapatkan layanan laundry sepekan 2 kali dan kesehatan.

Fasilitas outdoor juga tak kelah lengkapnya. Ada lapangan olahraga, ruangan yang luas untuk berbagai kegiatan unjuk bakat para santri, kolam renang, dan kantin yang menyediakan berbagai menu.

Juga terdapat Joglo Agung dan masjid dimana para santri mengaji dengan pengasuh pesantren dan melakukan berbagai kegiatan keilmuan, seperti seminar, pelatihan, dan public speaking.

Untuk pembelajaran di kelas, pesantren ini menyediakan smart class yang canggih dengan standar negara maju, seperti Finlandia atau Australia. Kurikulum pesantren ini menerapkan pembelajaran pesantren salaf, pesantren modern, dan sekolah internasional dengan menerapkan Cambridge Curriculum.

Bahkan untuk materi inti pesantren dan sekolah, pesantren ini menerapkan metode pembelajaran berbasis program yang telah teruji keberhasilannya selama bertahun-tahun.

Bayangkan, sudah ratusan santri tingkat SMP dan SMA yang hafal al-Quran hanya dalam waktu 4 bulan. Wow, kan? Angkatan pertama dari SMA Unggulan Bertaraf Internasional di pesantren ini telah diterima di kampus terbaik dalam negeri dan luar negeri melalui jalur prestasi dan beasiswa.

BACA JUGA: Jamuan Makan Malam Terakhir, Perpisahan Mengenaskan Pasukan Elite Golani Israel

Khusus untuk guru bahasa Inggris dan Arab, pesantren ini menyediakan native speaker dan bekerja sama langsung dengan Universitas Al-Azhar Mesir.

Kegiatan ekstrakurikuler di pesantren ini juga sangat maju. Selain musik, berbagai cabang olahraga, juga kegiatan robotik yang telah menyabet berbagai kejuaraan tingkat nasional dan ASEAN.

Bahkan untuk kegiatan Pramuka tingkat internasional, pesantren inilah yang paling banyak mengutus santrinya di kegiatan EURO SCETRO 2024 dan ASIA SCETRO pada 2024.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement