Selasa 22 Oct 2024 00:05 WIB

Hari Santri 2024: Makna Logo, Theme Song, dan Sejarah Hari Santri

Logo Hari Santri 2024 menggambarkan simbol santri berlari dengan mengangkat tangan.

Ilustrasi Santri
Foto: Thoudy Badai_Republika
Ilustrasi Santri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Santri Nasional akan diperingati pada Selasa, 22 Oktober 2024. Untuk menyambut hari santri, Kementerian Agama (Kemenag) telah meluncurkan logo, tema, dan theme song pada 9 Oktober lalu.

Tema Hari Santri tahun ini adalah 'Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan'. Menteri Agama saat itu Yaqut Cholil Qoumas mengajak santri terus berjuang menuju masa depan Indonesia yang lebih baik.

Baca Juga

Dikutip dari laman Kemenag, Hari Santri diperingati setiap 22 Oktober sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2015. Penetapan itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.

Hari Santri merujuk pada peristiwa Resolusi Jihad yang dikeluarkan KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945. Resolusi ini berisi seruan kewajiban berjihad untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan melawan penjajah, hingga memuncak pada perlawanan 10 November 1945, yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Makna dan Filosofi Logo

Logo Hari Santri 2024 tampak seperti dua tali yang saling melilit dengan kombinasi warna hijau pine dan emas. Di bagian atasnya terdapat lingkaran dengan warna merah. Jika diperhatikan, dua tali yang saling melilit tersebut membentuk siluet santri yang sedang berlari. Bila kedua tali dilihat terpisah, akan membentuk huruf “S” dan “i” yang menjadi simbol Santri Indonesia. Berikut makna logo Hari Santri 2024.

photo
Logo Hari Santri Nasional 2024. - (Kemenag)

1. Santri berlari dengan mengangkat tangan

Logo Hari Santri 2024 menggambarkan simbol santri berlari dengan mengangkat tangan. Simbol ini melambangkan semangat juang yang tak kenal lelah. Gerakan berlari mengindikasikan progress dan dinamika. Sedangkan tangan yang terangkat melambangkan harapan, optimisme, serta tekad untuk mencapai masa depan yang lebih baik.

Ini juga bisa diartikan sebagai usaha kolektif untuk bangkit bersama, sejalan dengan semangat Hari Santri yang mengedepankan perjuangan, kerja sama, dan tekad yang kuat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement