Jumat 11 Oct 2024 08:40 WIB

Dari Aljabar Hingga Kecerdasan Buatan, Warisan Iran untuk Peradaban Dunia

Inovasi dalam bidang matematika, astronomi dan kedokteran pengaruhi dunia.

Rep: Mgrol 153/ Red: A.Syalaby Ichsan
Seorang warga Iran berjalan melewati spanduk anti-Israel yang memuat gambar rudal Iran, di Teheran, Iran.
Foto:

Iran telah menunjukkan kemajuan besar di berbagai bidang ilmu pengetahuan. "Pada 2021, Iran berada di peringkat ke-15 dunia dalam hal produksi sains dan berada di antara negara terdepan dalam kedokteran, farmasi, dan kedirgantaraan.

Selain itu, Iran adalah salah satu dari sedikit negara yang memproduksi vaksin COVID-19 nasionalnya sendiri. Iran juga menjadi pemimpin dalam bidang nanoteknologi, robotika, dan oftalmologi.

Iran berfokus untuk mengintegrasikan Kecerdasan Buatan (AI) ke dalam tata kelola negara. Pada 23 Juli 2024, Iran meluncurkan Organisasi AI Nasional sebagai bagian dari strategi besar untuk menjadi salah satu dari 10 negara terdepan dalam penggunaan AI pada 2034. Inisiatif ini didukung oleh rencana pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama internasional dan pendidikan AI.

Iran kini menduduki peringkat ke-33 di dunia dalam pengembangan AI, menurut laporan terbaru. Laju pertumbuhan penelitian AI di Iran telah meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir, menempatkannya sebagai negara terkemuka di antara negara-negara Islam dalam bidang ini.

Hal ini menunjukkan komitmen kuat Iran untuk menjadi pemimpin global dalam inovasi teknologi, meskipun berada di bawah tekanan dan pembatasan internasional. Iran juga terus berkolaborasi dengan negara lain seperti Rumania, dalam memperkuat pertukaran pengetahuan dan pengalaman di bidang teknologi.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement