Ahad 06 Oct 2024 10:24 WIB

Terungkap, Keyakinan Agama di Balik Aksi Brutal Israel di Gaza dan Lebanon Bocor di Media

Israel menggunakan doktrin agama untuk serang Gaza dan Lebanon

 Kerusakan di Deir al Balah Jalur Gaza. Israel menggunakan doktrin agama untuk serang Gaza dan Lebanon
Foto: AP Photo/Abdel Kareem Hana
Kerusakan di Deir al Balah Jalur Gaza. Israel menggunakan doktrin agama untuk serang Gaza dan Lebanon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Sebuah artikel di Aljazera.net menarik untuk disimak. Dalam artikel yang bertajuk "Al-Masih sayukhlifu Netanyahu", sang penulis, Muhammad Izzat menekankan ihwal doktrin agama yang melandasi aksi genosida brutal kabinet Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Jalur Gaza dan kawasan sekitar, kini.

Pada 24 September 2024, ketika Kementerian Kesehatan Lebanon mengumumkan bahwa jumlah korban gugur akibat serangan Israel di negara itu telah meningkat menjadi 558 orang dan 1.835 orang terluka, departemen editorial surat kabar Israel The Jerusalem Post mengedit artikel opini yang akan diterbitkan keesokan harinya, yang membahas tentang bagaimana Lebanon adalah “bagian dari tanah yang dijanjikan kepada Israel yang akan segera dikembalikan oleh Allah kepada Israel”.

Baca Juga

Artikel yang diterbitkan dalam bahasa Inggris itu memicu kemarahan di kalangan pembaca asing karena jumlah korban sipil di Lebanon meningkat akibat serangan Israel di sana, dan dengan cepat dihapus oleh surat kabar tersebut.

Artikel tersebut dimulai dengan menegaskan bahwa ayat-ayat Taurat membawa pesan-pesan mendalam yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan kejadian-kejadian saat ini, dan bahwa mungkin saja menjadi visi Rabbi Shai Tahan yang dapat membuka pintu untuk lebih memahami pesan-pesan transhistoris Taurat.

Menurut visi rabi tersebut, konflik baru-baru ini di Lebanon memunculkan pertanyaan baru tentang di mana seharusnya letak perbatasan utara Tanah Israel secara religius, dan apakah Israel berkewajiban untuk menaklukkan wilayah-wilayah yang termasuk dalam janji ilahi kepada Israel, atau apakah wilayah-wilayah tersebut berada di luar perbatasan Israel.

Dalam artikel tersebut, sang rabi mengutip ayat-ayat Taurat dan pendapat-pendapat ulama yang menegaskan bahwa Lebanon berada di dalam wilayah Israel dan bahwa warga Israel memiliki kewajiban agama untuk menginvasi Lebanon.

Penulis artikel tersebut, Mark Fish, berafiliasi dengan sebuah gerakan sosial-keagamaan Israel yang bernama Shuva Israel, dan menambahkan sebuah baris di akhir setiap artikelnya yang mengindikasikan bahwa artikel-artikel itu ditulis dengan bekerja sama dengan Shuva Israel.

Gerakan ini didirikan pada 1997 oleh seorang rabi bernama Yoshiyahu Yosef Pinto, cucu dari Yaacov Abu Hasira, seorang rabi Yahudi Maroko yang beremigrasi dari Maroko dan dibunuh dan dimakamkan di dekat kota Damanhur, Mesir, pada 1880-an dan masih memiliki “maulid” tahunan untuk mengenangnya. Pinto adalah salah satu rabi paling misterius, kaya, dan kontroversial di Israel.

Terlepas dari kasus yang menyebabkan ia dipenjara selama satu tahun di Israel karena menyuap seorang perwira, Pinto tetap populer di kalangan pebisnis, pengembang properti papan atas, dan politisi di Israel dan Amerika Serikat.

Artikel yang dihapus tersebut menekankan bahwa gagasan Israel Raya telah menjadi lebih menonjol dalam beberapa tahun terakhir dan sering dibahas di tingkat politik dan agama. Idenya adalah bahwa tanah yang dijanjikan kepada Israel membentang dari Sungai Mesir hingga Sungai Efrat.

Rabi tersebut melanjutkan dengan membahas masalah yurisprudensi tentang bagaimana tanah pertanian di tanah-tanah Alkitabiah yang Tuhan berikan kepada Israel melalui hak ilahi jika mereka ditaklukkan, dan kemudian menyimpulkan:

“Jika kita melihat peta, kita dikejutkan oleh seberapa jauh ke utara Sungai Efrat membentang dan betapa luasnya Tanah Israel yang sebenarnya. Meskipun kita mungkin tidak dapat merebut kembali semua tanah ini di zaman kita, Tuhan akan segera mengembalikannya kepada kita, tidak diragukan lagi.”

Jadi, apa yang akan terjadi pada sayap kanan Israel dalam waktu dekat?

Mesias...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement