Rabu 25 Sep 2024 06:24 WIB

Mengenal Zendo, Ojek Online Muhammadiyah

Zendo adalah layanan on-demand services berbasis ojek.

Mengenal Zendo, ojek online Muhammadiyah.
Foto: dok instagram zendo
Mengenal Zendo, ojek online Muhammadiyah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberadaan ojek daring (online) telah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat Indonesia, baik di perkotaan maupun daerah lainnya. Kader-kader Muhammadiyah pun melihat fenomena tersebut sebagai peluang usaha yang prospektif.

Melalui badan usaha yang dimilikinya, PT Surya Media Semesta, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta menghadirkan Zendo. Ini merupakan layanan on-demand services berbasis ojek online.

Baca Juga

"Betul, pengelolaan Zendo di bawah perusahaan PT SMS (Surya Media Semesta), salah satu BUMM (badan usaha milik Muhammadiyah)," kata Sekretaris PWM Daerah Istimewa Yogyakarta, Arif Jamali Muis, saat dihubungi Republika, Selasa (24/9/2024) malam.

Iki Tabah Ujianan mengatakan, Zendo tidak hanya melayani transportasi ojek online, baik sepeda motor maupun mobil. Pelayanan yang disediakan pun mencakup jasa antar barang atau dokumen; membeli makanan (food delivery); belanja kebutuhan sehari-hari (grocery shopping); tukang serba bisa; serta bersih-bersih rumah (cleaning service).

Bahkan, kebutuhan lainnya dari pelanggan pun dapat ditangani, semisal membetulkan laptop atau memasang kamera CCTV di rumah. Ini sesuai dengan moto Zendo, "Apa Aja di Mana Aja."

Direktur Operasional PT Surya Media Semesta itu menjelaskan, pihaknya juga membuka lowongan bagi siapapun yang berdomisili di DIY ingin menjadi mitra Zendo. Demikian pula dengan PWM di daerah-daerah luar Yogyakarta yang ingin menduplikasi Zendo di tempat masing-masing. Kerja sama dapat dilakukan.

Namun, lanjut Iki Tabah, untuk saat ini layanan aktif ojek online Zendo baru berada di sejumlah titik Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pihaknya juga belum menyediakan aplikasi yang dapat dicari di Google Play Store atau Apple App Store. Pelanggan hanya dapat memesan via aplikasi perpesanan WhatsApp.

"Untuk saat ini, pelayanan di area Bantul, Sleman dan Kota Yogyakarta. Untuk basis pemesanan tidak menggunakan aplikasi, tetapi bisa langsung chat ke admin Zendo. Nanti akan dibantu kebutuhan dari tiap pelanggan," ujar Iki Tabah kepada Republika, Rabu (24/9/2024).

Pelanggan yang ingin mengakses layanan Zendo dapat menghubungi nomor ini.

Dihubungi terpisah, Agus Setiawan menuturkan pengalamannya. Beberapa pekan lalu, warga Surabaya, Jawa Timur, itu memesan ojek mobil Zendo untuk mengantarkannya ke sejumlah titik di Kota Yogyakarta. Menurutnya, pelayanan yang disediakan Zendo tidak hanya memudahkan pelanggan, tetapi juga nyaman dan aman.

"Kemarin saya saat di Yogyakarta sudah memakai layanan mobil Zendo, dari Stasiun Tugu ke hotel SM Tower," ujar Agus, Selasa (24/9/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement