Senin 16 Sep 2024 04:31 WIB
Maulid Nabi Muhammad

7 Fakta yang Harus Diketahui tentang Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad mendakwahkan kearifan Islam.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto:

2. Dilahirkan pada Tahun Gajah

Tahun kelahirannya dikenal sebagai "Tahun Gajah" karena peristiwa tentara bergajah yang dipimpin oleh Abrahah hendak menyerang Ka'bah, tetapi digagalkan oleh Allah SWT melalui kiriman burung Ababil.

Seperti dilansir dari laman aboutislam, tahun ini dinamai berdasarkan peristiwa di mana Allah melindungi Ka'bah dari serangan tentara Abyssinian (Abrahah). (HR Tirmidzi)

3. Lahir di Bulan Rabiul Awal

Banyak ulama yang sepakat bahwa Nabi Muhammad AAW dilahirkan pada bulan Rabiul Awal, yakni bulan ketiga dalam kalender Islam/Hijriyah. Tanggal pastinya masih diperdebatkan.

Banyak yang meyakini bahwa brliau lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal. Hari ini kemudian diperingati sebagai Maulid Nabi oleh umat Islam di berbagai negara.

4. Lahir di Kota Makkah

Nabi Muhammad dilahirkan di Kota Makkah, dekat dengan Ka'bah. Tempat kelahirannya kini menjadi perpustakaan Islam yang berada di Masjidil Haram. Perpustakaan itu bernama Maktabah Makkah Al Mukarramah (Perpustakaan Makkah Al Mukarramah).

5. Dilahirkan dalam Keadaan Yatim

Nabi Muhammad SAW lahir dalam keadaan yatim. Ayahnya, Abdullah, meninggal dunia saat Nabi masih berada dalam kandungan. Ia kemudian dibesarkan oleh ibunya, Aminah, dan kemudian oleh kakeknya Abdul Muthalib setelah ibunya wafat.

6. Berasal dari Suku Quraisy

Nabi Muhammad SAW berasal dari suku Quraisy, salah satu suku yang sangat dihormati di Mekah. Ia adalah keturunan langsung dari Nabi Ibrahim As melalui anaknya Nabi Ismail As.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement