Senin 09 Sep 2024 17:24 WIB

Solusi Menangani Kebiadaban Israel Versi Erdogan Turki

Respons Erdogan soal rencana Israel rebut Tepi Barat dan wilayah empat negara

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
 Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Foto: EPA-EFE/Thaier Al-Sudani
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Pada hari Sabtu (7/9/2024), Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memperingatkan rencana Israel untuk menduduki Tepi Barat dan empat negara lainnya, termasuk Turki.

Menurut Anadolu Agency, Erdogan menyatakan, "Melawan terorisme negara Israel merupakan kewajiban agama dan nasional bagi kami."

Baca Juga

"Fase baru yang telah kami mulai dalam hubungan kami dengan Mesir akan menguntungkan Gaza dan Palestina," kata Erdogan dikutip dari laman Shafaq, Ahad (8/9/2024)

Dalam sebuah laporan oleh Younews, yang berafiliasi dengan Garda Revolusi Iran, Erdogan mengklaim bahwa Israel berencana untuk menduduki Tepi Barat dan tidak akan berhenti di Gaza. Israel juga akan mencari wilayah di Yordania, Lebanon, Suriah, dan Turki setelah pendudukan Ramallah.

Erdogan menekankan bahwa satu-satunya langkah yang dapat menghentikan terorisme negara Israel adalah koalisi di antara negara-negara Islam.

Erdogan lebih lanjut mencatat bahwa langkah-langkah baru yang kami ambil untuk menormalisasi hubungan dengan Suriah dan Mesir ditujukan untuk membentuk garis solidaritas melawan ancaman ekspansionis yang semakin meningkat.

Di sisi lain, pasukan Israel bersiap untuk tindakan ofensif di Lebanon di tengah meningkatnya ketegangan dengan Hizbullah, kata Kepala Staf Israel Herzi Halevi mengumumkan pada Sabtu kemarin.

Selama tur di Dataran Tinggi Golan, Halevi menyatakan pasukan Israel (IDF) sangat fokus untuk memerangi Hizbullah.

"Saya pikir jumlah serangan pada bulan lalu, operasi yang terbunuh, roket yang hancur, infrastruktur yang hancur, sangat besar," ujar Halevi.

"Komando Utara, dengan semua kemampuan, menyerang banyak kemampuan Hizbullah di dalam Lebanon sebelum mereka menyerang kami, dan pada saat yang sama kami juga mempersiapkan gerakan ofensif di wilayah Lebanon," kata Halevi.

Sebelumnya, serangan udara Israel yang intens dilanjutkan di Lebanon selatan, menargetkan lokasi peluncuran roket di beberapa kota termasuk Bait Leif, Aitaroun, Al-Dhahira, Kfarkela, Kafr Sir, dan Froun di Provinsi Nabatieh di Lebanon selatan, dengan serangan artileri serentak juga dilaporkan oleh pasukan Israel.

Sebagai tanggapan, Hizbullah menyatakan untuk mendukung rakyat Palestina yang teguh di Gaza, sebagai bentuk solidaritas atas perlawanan mereka yang berani dan terhormat, dan sebagai balasan atas serangan musuh Israel terhadap desa-desa selatan yang tangguh dan rumah-rumah yang aman, terutama serangan baru-baru ini terhadap Froun, para pejuang Perlawanan Islam menargetkan pangkalan militer Israel Gunung Niriya (yang saat ini diduduki oleh pasukan Brigade Golani) dengan beberapa serangan roket Katyusha pada Sabtu kemarin.

Selain itu, pihak Lebanon menargetkan beberapa posisi Israel. Hizbullah, pasukan paramiliter utama di Timur Tengah, telah terlibat dalam pertempuran lintas batas yang intens dan hampir setiap hari dengan Israel sejak 7 Oktober 2024, menargetkan posisi militer Israel dari Lebanon selatan “sebagai bentuk solidaritas” dengan warga Palestina di Gaza yang telah menjadi sasaran agresi Israel, di mana tindakan Israel telah mengakibatkan lebih dari 40.861 warga Palestina wafat dan melukai lebih dari 94.398 orang, terutama anak-anak dan wanita.

Sebaliknya, Israel telah menyerang apa yang digambarkannya sebagai infrastruktur militer dan gerakan pejuang Hizbullah. Setidaknya 610 orang telah wafat di Lebanon, termasuk 394 anggota Hizbullah dan 135 warga sipil, berdasarkan data resmi dan pengumuman Hizbullah. Namun, Israel tetap sangat merahasiakan kerugiannya dalam konflik dengan Hizbullah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement