Kamis 05 Sep 2024 19:06 WIB

Jenderal Purnawirawan Israel: Bukan Hamas yang Hancur tapi Kita

Jumlah terowongan Hamas yang dihancurkan Israel hanya beberapa persen.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Hamas Gaza leader Yahya Al Sinwar (C) waves to supporters during a Hamas rally to mark the 31st anniversary of the group, in Gaza City, Gaza Strip, 16 December 2018 (reissued 10 March 2021). Sinwar was re-elected as Gaza Hamas leader on 10 March 2021.
Foto: EPA-EFE/MOHAMMED SABER
Hamas Gaza leader Yahya Al Sinwar (C) waves to supporters during a Hamas rally to mark the 31st anniversary of the group, in Gaza City, Gaza Strip, 16 December 2018 (reissued 10 March 2021). Sinwar was re-elected as Gaza Hamas leader on 10 March 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM — Seorang mantan perwira senior di pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengkritik perang yang sedang berlangsung melawan Palestina di Gaza. Mantan perwira senior Israel itu menyatakan, strategi saat ini justru membawa Israel ke arah potensi keruntuhan alih-alih kemenangan. 

Mayor Jenderal Purn Yitzhak Brik menyampaikan komentarnya dalam sebuah opini terbaru yang diterbitkan di Haaretz. Menurut pensiunan perwira tinggi tersebut, perang di Gaza menyebabkan kerugian besar bagi pasukan pertahanan Israel dan stabilitas Israel secara lebih luas. 

Baca Juga

Yitzhak Brik juga menentang gagasan di antara para pemimpin politik dan militer Israel bahwa menarik pasukan dari Gaza setelah kesepakatan penyanderaan dengan Hamas akan menandakan kekalahan. Yitzhak Brik menggambarkan hal ini sebagai kesalahpahaman mendasar atas situasi tersebut, dengan menyatakan bahwa hal itu digunakan untuk membenarkan upaya perang yang terus berlanjut dan pada akhirnya tidak efektif.

photo
Peti mati tentara Israel yang tewas dalam pertempuran di Jalur Gaza saat dibawa saat pemakamannya di pemakaman militer Mount Herzl di Yerusalem, Selasa, 11 Juni 2024. - (AP Photo/ Ohad Zwigenberg)

Strategi saat ini, tulis Yitzhak Brik, termasuk serangan berulang kali ke Gaza, belum mencapai tujuannya. Yitzhak Brik memperingatkan bahwa tentara Israel (IDF) semakin melemah dan operasi yang terus berlanjut memperburuk situasi. 

“Jika kita terus bertempur di Gaza dengan menyerbu dan menyerbu lagi target yang sama, kita tidak hanya tidak akan menghancurkan Hamas, tetapi kita sendiri yang akan menghancurkan diri kita,” kata Yitzhak Brik, dikutip dari laman Middle East Monitor, Kamis (5/9/2024).

Tentara penjajah Israel telah melancarkan serangan brutal di jalur Gaza sejak serangan lintas batas pada 7 Oktober 2023 yang dipimpin oleh Hamas. Serangan Israel telah membunuh hampir 41.000 warga Palestina, terutama wanita dan anak-anak, dan melukai lebih dari 94.300 lainnya. 

Serangan gencar tersebut telah memicu serangan lintas batas selama berbulan-bulan antara Hizbullah di Lebanon dan Israel, di tengah kekhawatiran akan perang besar-besaran antara kedua negara.

Jenderal pensiunan itu yakni Yitzhak Brik juga menyoroti ketegangan pada militer, ekonomi, dan dampak sosial Israel yang lebih luas. “Para prajurit cadangan IDF sudah memberikan suara melalui tindakan, dengan banyak yang tidak lagi setuju untuk direkrut lagi dan lagi,” katanya. 

“Tujuan perang menghancurkan Hamas dan membebaskan semua sandera dengan tekanan militer belum tercapai," ujar Yitzhak Brik.

Yitzhak Brik berpendapat lebih lanjut bahwa ketidakmampuan IDF untuk mengendalikan Gaza sepenuhnya, termasuk jaringan terowongan bawah tanah yang digunakan oleh Hamas, menandakan kesia-siaan pendekatan militer saat ini. 

"Jumlah terowongan yang dihancurkan IDF hanya beberapa persen," tegasnya, menekankan bahwa upaya IDF sebagian besar tidak efektif. 

 

Perundingan pembebasan sandera.. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement