Ahad 01 Sep 2024 18:07 WIB

6 Temuan Pew Research Ini Ungkap Kencenderungan Beragama Terkini di 5 Negara Asia

Fenomena beragama di lima negara Asia tampak terdegradasi

Sembahyang membakar dupa (ilustrasi). Fenomena beragama di lima negara Asia tampak terdegradasi
Foto:

Ketiga, sebagian besar orang berpartisipasi dalam ritual pemujaan leluhur. Arwah leluhur adalah fokus umum dari ritual di Asia Timur dan Vietnam.

Sekitar setengah dari orang dewasa atau lebih di semua tempat yang kami survei mengatakan bahwa mereka telah mempersembahkan makanan, air, atau minuman untuk menghormati atau merawat leluhur mereka dalam setahun terakhir.

Praktik ini umum dilakukan oleh umat Buddha dan orang-orang yang tidak mengidentifikasi diri mereka dengan suatu agama.

Selain itu, banyak orang dewasa di wilayah ini telah membakar dupa, mempersembahkan bunga, atau menyalakan lilin dalam setahun terakhir untuk merawat leluhur.

Praktik-praktik ini paling jelas terlihat di Vietnam, di mana 96 persen orang dewasa mengatakan bahwa mereka telah membakar dupa dan 90 persen telah mempersembahkan bunga atau menyalakan lilin baru-baru ini.

Keempat, berdoa atau memberikan penghormatan kepada tokoh-tokoh agama atau dewa-dewi merupakan hal yang cukup umum di wilayah ini. Relatif sedikit orang di Asia Timur dan Vietnam yang berdoa setiap hari.

Berdoa setiap hari lebih umum dilakukan di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Namun, banyak orang Asia Timur dan Vietnam mengatakan bahwa mereka berdoa setidaknya sesekali, dan sebagian besar juga mengatakan bahwa mereka “berdoa atau memberikan penghormatan” kepada tokoh-tokoh agama atau dewa-dewi.

“Memberikan penghormatan” umumnya dipahami di wilayah ini sebagai tindakan pemujaan atau penghormatan. Hal ini dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, termasuk:

  • Membakar dupa
  • Mempersembahkan makanan atau minuman
  • Membuat permohonan kepada dewa
  • Menundukkan kepala
  • Menyatukan kedua tangan

Di setiap tempat kecuali Jepang, sebagian besar umat Buddha mengatakan bahwa mereka berdoa atau memberikan penghormatan kepada Guanyin - dewa rakyat yang diasosiasikan dengan welas asih - dan Buddha.

Hampir semua orang Kristen mengatakan bahwa mereka berdoa atau memberikan penghormatan kepada Yesus. (Survei ini juga menanyakan tentang berdoa atau memberikan penghormatan kepada tokoh-tokoh agama lain, seperti Guandi dan Mazu).

Kelima...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement