Sabtu 31 Aug 2024 22:42 WIB

Perdana, 1.514 Hafidz Quran Solok Selatan Diwisuda

Sudah ada 379 Rumah Tahfidz di seluruh penjuru Solok Selatan.

Sebanyak 1.514 orang Hafiz dan Hafizah Quran se-Kabupaten Solok Selatan melaksanakan wisuda akbar.
Foto: Dok Republika
Sebanyak 1.514 orang Hafiz dan Hafizah Quran se-Kabupaten Solok Selatan melaksanakan wisuda akbar.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG ARO - - Sebanyak 1.514 orang Hafiz dan Hafizah Quran se-Kabupaten Solok Selatan melaksanakan wisuda akbar. Ini merupakan Wisuda Akbar Tahfidz Quran pertama yang dilaksanakan sejak Kabupaten Solok Selatan dimekarkan tahun 2004 silam.

Para penghafal Al-quran yang diwisuda ini merupakan siswa dari rumah-rumah tahfidz yang tersebar se-Solok Selatan. Jumlah hapalannya pun beragam, mulai dari satu juz hingga yang tertinggi sebanyak 24 juz.

Baca Juga

Selain siswa Rumah Tahfidz, hari ini juga diwisuda sebanyak 69 orang Guru Tahfidz yang juga penghapal Al-quran. Jumlah juz yang dihapal mulai dari 1 hingga 30 juz.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas pun mengakui bahwa dirinya terharu dan bangga dengan banyaknya anak-anak penghapal Al-quran yang diwisuda ini.

"Pada hari ini, kami merasa terharu dan bangga, melihat ribuan anak-anak Kabupaten Solok Selatan menjadi Hafidz Quran. Kelak anak-anak kita inilah yang akan melanjutkan perjuangan dan pembangunan di Kabupaten Solok Selatan yang kita cintai ini," kata Khairunas dalam sambutannya pada Wisuda Akbar Tahfidz Quran I di GOR Rimbo Tangah, Sabtu (31/8/2024).

Dalam kesempatan ini Bupati dan jajarannya menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan yang telah gigih menyelesaikan hapalannya.

"Kami minta untuk teruslah belajar, kegiatan wisuda yang kita laksanakan ini, bukanlah akhir dari sebuah proses pembelajaran dan pendalaman Al-quran. Akan tetapi mari kita jadikan sebagai langkah awal ananda semua untuk mentransferkan nilai-nilai luhur Al-quran kepada sahabat, teman bahkan masyarakat dan keluarga yang ada di lingkungan kehidupannya sehari-hari," harapnya.

Banyaknya Hafiz dan Hafizah Quran ini merupakan wujud dari pelaksanaan program unggulan pemerintah Satu Jorong Satu Rumah Tahfidz yang telah dijalankan sejak 2021 lalu.

Setidaknya saat ini sudah terdapat sebanyak 379 Rumah Tahfidz di seluruh penjuru Solok Selatan berkat program ini.

Dengan wisuda ini, lanjut Khairunas, menjadi kesempatan untuk evaluasi agar pelaksanaan program ini akan semakin baik lagi ke depannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement