Selasa 27 Aug 2024 22:46 WIB

Apakah Bangsa Arab Pernah Ada yang Gunakan Nama Muhammad? Ini Jawaban Para Ulama

Ulama berbeda pendapat tentang penggunaan nama Muhammad

Nabi Muhammad (ilustrasi). Ulama berbeda pendapat tentang penggunaan nama Muhammad
Foto:

Tetapi, Syekh al-Khudri, membantah mereka yang menggunakan nama ini lebih dari satu. Dan alasan untuk nama Muhammad adalah seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya bahwa mereka berharap kenabian ada pada mereka, dan Ibnu Saad menyebutkan hal ini dalam Thabaqaat.

Namun, kita dapat menegaskan bahwa nama yang tidak ada seorang pun sebelum Muhammad (saw) yang disebut Ahmad, dan itu disebutkan dalam Alquran oleh Nabi Isa

وَإِذْ قَالَ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكُمْ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيَّ مِنَ التَّوْرَاةِ وَمُبَشِّرًا بِرَسُولٍ يَأْتِي مِنْ بَعْدِي اسْمُهُ أَحْمَدُ ۖ فَلَمَّا جَاءَهُمْ بِالْبَيِّنَاتِ قَالُوا هَٰذَا سِحْرٌ مُبِينٌ

Dan (ingatlah) ketika Isa ibnu Maryam berkata: "Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)". Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: "Ini adalah sihir yang nyata". (QS as-Shaf ayat 6)

Apa yang telah kami sebutkan telah ditetapkan dengan baik dalam buku-buku terkemuka seperti al-Bidayah wa an-Nihayah karya Ibnu Katsir, Lisan al-Arab Ibnu Mandhur al-Ifriqi, dan Bulugh al-Arb, karya al-Alusi.

Dalam “Musnad Ahmad” jilid I, hal 98, Ali bin Abi Thalib RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

أعطيت ما لم يعط أحد من الأنبياء، فقلنا: يا رسول الله ماهو؟ قال: نصرت بالرعب، وأعطيت مفاتيح الأرض، وسميت أحمد، وجعل التراب لي طهورا، وجعلت أمتي خير الأمم

‘Aku diberi apa yang tidak diberikan kepada para nabi sebelumnya, lalu kami bertanya, ’Wahai Rasulullah, apa itu? Aku diberi kemenangan dengan teror, aku diberi kunci-kunci bumi, aku diberi nama Ahmad, debu dijadikan bagiku sebagai pembersih, dan umatku dijadikan sebaik-baik umat.” (HR Ahmad).

BACA JUGA: Indonesia Dinobatkan Sebagai Negara Paling Religius Versi Pew Research, Ini Alasannya

 

Sementara itu, Syekh Ahmed Khalil, seorang imam dan khatib di Kementerian Wakaf Mesir, mengatakan bahwa nama “Muhammad” tidak dikenal di kalangan orang Arab atau orang lain sebelum kemunculan Nabi SAW, menunjukkan bahwa sebelum pengutusan Nabi SAW, beberapa orang menamai anak-anak mereka dengan nama ini.

Khalil menambahkan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement