Jumat 23 Aug 2024 14:25 WIB

Muslim Afrika Ini Jadi Orang Terkaya Sepanjang Sejarah Kalahkan Elon Musk dan Bill Gates

Mansa Musa memerintah Kekaisaran Mali dari 1312-1337.

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
Foto lukisan impresi Mansa Musa I
Foto:

Ketika membandingkan kekayaan Mansa Musa dengan tokoh-tokoh kaya modern seperti Elon Musk dan Bill Gates, penting untuk diingat bahwa kekayaannya tidak dapat dihitung dalam angka yang tepat. Namun, berbagai sumber sejarah dan ekonomi memperkirakan bahwa jika kekayaan Mansa Musa diukur dengan standar kekayaan saat ini, ia akan jauh melampaui para miliarder modern.

Meskipun tidak ada angka pasti, kekayaan Mansa Musa kadang-kadang digambarkan sebagai "tak terhitung" atau "tidak terukur" dalam konteks zaman modern. Ini sebagian besar karena sumber daya emas yang ia kuasai, serta kekuasaannya atas wilayah yang kaya akan sumber daya lainnya.

"Jika disesuaikan dengan inflasi, dia masih lebih kaya miliaran dolar dibandingkan gabungan Jeff Bezos, Elon Musk, dan Bill Gates," dikutip dari akun X @philosophysage, Jumat (23/8/2024). 

photo
Haji Mansa Musa dan rakyatnya (ilustrasi) - (Kalitv.com)

Sejarawan memperkirakan kekayaan Mansa Musa sekitar 400 miliar dalam dolar saat ini. Jumlah tersebut lebih besar dibandingkan gabungan PDB negara-negara seperti Norwegia dan Irlandia. Dengan kekayaan yang hampir tak terbatas, dia bisa melakukan apapun yang dia inginkan kapan saja. 

Kunci kekayaannya adalah persediaan emas dan garam dalam jumlah besar. Setengah dari seluruh emas di Eropa, Afrika, dan Asia pada saat itu hanya berasal dari tita tambang emas Mali. Garam juga sangat berharga, setara dengan emas di beberapa bagian Afrika yang langka.

 

Warisan Mansa Musa..

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement