Jumat 16 Aug 2024 19:20 WIB

Persis Kirim Empat Kontainer Bantuan untuk Palestina Via Yordania

Distribusi kali ini merupakan pengiriman ketujuh dalam setahun terakhir.

Ketua Umum PP Persis KH Jeje Zaenudin. Persis Kirim Empat Kontainer Bantuan untuk Palestina Via Yordania
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ketua Umum PP Persis KH Jeje Zaenudin. Persis Kirim Empat Kontainer Bantuan untuk Palestina Via Yordania

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dalam menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79, Persatuan Islam (Persis) melalui LAZ Persis mendistribusikan bantuan kemanusiaan sebanyak empat kontainer untuk Palestina melalui jalur Yordania.

Ketua Umum Persis KH Jeje Zaenudin mengatakan bantuan melalui Program Persis Peduli yang merupakan bagian misi kemanusiaan global ini, terdiri dari 1.536 paket makanan pokok dan 44 ton terigu untuk masyarakat Palestina.

Baca Juga

"Pengiriman bantuan Persis yang kesekian kalinya ini merupakan bagian dari komitmen Persis untuk terus membantu warga Palestina dan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ini menjadi momentum tepat untuk menguatkan solidaritas antara bangsa Indonesia dengan bangsa Palestina," kata Jeje di Bandung, Jawa Barat, Jumat (16/8/2024).

Persis menargetkan bantuan ini bisa menembus Gaza, meski jalur yang dipilih melalui Jordania yang berbatasan langsung dengan Tepi Barat, dan harus melalui wilayah Israel untuk masuk ke Gaza.

Meski demikian, Persis mengatakan mereka memastikan bantuan tersebut tepat sasaran dan dapat menjangkau wilayah yang paling membutuhkan yakni Gaza, yang hingga saat ini masih mengalami krisis kemanusiaan yang serius.

"Bantuan ini merupakan wujud nyata dari kepedulian dan solidaritas umat Islam Indonesia terhadap penderitaan saudara-saudara kita di Palestina," ujarnya.

Dalam pelaksanaan pendistribusian bantuan ini, LAZ Persis menggandeng mitra lokal seperti ICCS (Islamic Charity Center Society) dan JHCO (Jordan Hashemite Charity Organization) untuk memastikan penyaluran bantuan berjalan efektif.

Selain itu, Program Persis Peduli juga telah menyalurkan 200 paket makanan pokok untuk para pengungsi Palestina yang ditampung di Kamp Jabal Nadhif dan Kamp Jarrah, Yordania. Sebagian besar dari mereka kehilangan tempat tinggal dan sumber penghidupan.

Mereka menggantungkan kebutuhan hidup dari bantuan UNRWA (United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees) dan bantuan internasional lainnya.

"Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada para donatur yang telah mempercayakan bantuan mereka melalui LAZ Persis. Distribusi bantuan ini bukan hanya sekadar upaya kemanusiaan, tetapi juga bentuk nyata solidaritas dan semangat kemerdekaan bangsa Indonesia untuk membantu sesama yang sedang mengalami kesulitan," ujar Direktur Utama LAZ Persis Angga Nugraha.

Distribusi kali ini, kata dia, merupakan pengiriman ketujuh dalam setahun terakhir, sekaligus menegaskan komitmen Persis untuk terus mendukung rakyat Palestina.

Ia mengatakan semangat kemerdekaan yang dirasakan Bangsa Indonesia juga harus menjadi semangat untuk membantu memerdekakan bangsa lain yang mengalami ketidakadilan.

"LAZ Persis mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terus berpartisipasi dalam program-program kemanusiaan  baik melalui donasi, doa, maupun bentuk dukungan lainnya. Setiap kontribusi yang diberikan akan sangat berarti bagi mereka yang sedang berjuang di Palestina," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement