Senin 29 Jul 2024 08:57 WIB

Allah Menjamin Rezeki Setiap Makhluk tetapi Takarannya Berbeda, Apa Maksudnya?

Allah memberikan rezeki sempit kepada seseorang bukan hanya karena kekurangannya.

Ada anjuran membaca doa di saat ikhtiar mencari rezeki sulit didapat.
Foto: Republika
Ada anjuran membaca doa di saat ikhtiar mencari rezeki sulit didapat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski sudah dijamin oleh Allah SWT,  setiap orang mempunyai kadar rezeki masing-masing. Satu sama lain, ada yang kadar rezekinya melimpah adapula yang sedikit. Namun itu semua sudah sesuai dengan ketentuan Allah SWT. Apa hikmah dibalik perbedaan kadar rezeki?

Irwan Kurniawan dalam bukunya Mengetuk Pintu Rezeki mengatakan masing-masing orang mempunyai kemampuan berbeda-beda. Kesempatan orang menjadi produktif pun tak sama. Demikian pula dengan peluang mendapat pekerjaan yang berbeda.

Baca Juga

Irwan mengatakan sesungguhnya Allah SWT memberikan rezeki dan kehidupan yang lapang kepada sekelompok orang bukan semata-mata karena pantas mendapatkannya. Sebaliknya, Allah memberikan rezeki yang sempit kepada sekelompok orang tertentu bukan karena kekurangannya saja.

Menurut Irwan, Allah memberikan takaran perbedaan tersebut untuk menguji karunia-Nya yang diberikan kepada mereka dan kekayaan yang dianugerahkan kepada mereka. Dengan begitu, dapat dilihat bagaimana mereka dapat bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Irwan menambahkan, dengan takaran rezeki yang berbeda, Allah akan melihat apakah manusia mengkufuri nikmat Allah. Allah menguji manusia dengan kesempitan yang diberikan oleh Allah Swt. Apakah mereka bisa menerima dan sabar atas kesempitan yang didapatkan. Sebaliknya,  mereka tidak menerima dengan kesempitan hidup dan rezeki yang dirasakannya.

Ujian dalam kesempitan hidup..

 

 

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement