Selasa 23 Jul 2024 22:29 WIB

Layanan Petugas Haji Dinilai Memuaskan

Kemenag harus terus tingkatkan pelayanan haji.

Jamaah haji (ilustrasi).
Foto: Republika/Havid Al Vizki
Jamaah haji (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Timur Abdul Haliq menyatakan pelayanan para petugas mendapatkan penilaian memuaskan dari jemaah Haji 1445 Hijriah/2024, terutama pelayanan untuk jemaah lansia dan penyandang disabilitas.

"Saat ini, kami juga mempersiapkan jemaah haji dengan sisa tiga kloter. Kami telah melakukan survei kepuasan dan respon jemaah mengaku puas dengan pelayanan haji tahun ini. Sampai saat ini, kami tidak menerima keluhan terkait makanan, transportasi, maupun akomodasi haji," katanya di Samarinda, Kamis.

Baca Juga

Dia menyampaikan semua jemaah haji hingga kloter 16 telah tiba di embarkasi Balikpapan dengan kondisi sehat.

Namun, Haliq mengaku terdapat sejumlah kasus kesehatan selama pelaksanaan haji pada 2024, terutama bagi jemaah lanjut usia.

Terdapat jemaah haji Kaltim yang meninggal dunia, menurutnya, karena kondisi penyakit bawaan yang sudah diidap dan juga faktor lansia, tapi tidak berkaitan dengan penurunan pelayanan para petugas.

"Para petugas haji sudah diarahkan untuk mengutamakan para lansia dan disabilitas," katanya.

Haliq mengatakan para petugas tetap mengevaluasi peningkatan jumlah jemaah haji pada 2024 terkait layanan mereka.

Kementerian Agama, menurutnya, memperkirakan terdapat peningkatan jumlah jemaah haji pada penyelenggaraan pada 2025 dan 2025. Dia meminta calon-calon jemaah haji Kalimantan Timur mulai mengikuti manasik haji, terutama terkait tata cara ibadah di Makkah.

"Kami mengajarkan hal-hal dasar selain pelaksanaan ibadah haji, juga bimbingan penggunaan sarana-prasarana, yang mungkin belum pernah mereka alami sebelumnya," ujarnya.

Haliq meminta para jemaah haji perlu menjaga kebugaran badan sehingga Kemenag Kaltim berkoordinasi dengan dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota. Tujuannya, para jemaah haji dalam kondisi prima saat menjalankan ibadah haji.

"Alhamdulillah, pelaksanaan haji secara keseluruhan sangat baik. Tingkat kepuasannya meningkat, dan kami bersyukur atas hal itu," ujarnya.

Dia menambahkan, Kemenag Kaltim berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada jemaah haji pada tahun-tahun mendatang dengan lebih baik lagi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement