Rabu 10 Jul 2024 19:05 WIB

Gus Ulil: PBNU Percaya Tambang Halal Sama Sekali tak Haram

PBNU tidak pernah meminta konsesi tambang tetapi diberi oleh pemerintah

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Ketua PBNU, KH Ulil Abshar Abdalla yang akrab disapa Gus Ulil di acara Interfaith and Intercivilizational Reception di Grand Ballroom Pullman, Jakarta, Rabu (10/7/2024)
Foto: Republika/Fuji E Permana
Ketua PBNU, KH Ulil Abshar Abdalla yang akrab disapa Gus Ulil di acara Interfaith and Intercivilizational Reception di Grand Ballroom Pullman, Jakarta, Rabu (10/7/2024)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ulil Abshar Abdalla menegaskan, PBNU seperti yang diketahui menerima tawaran pemerintah untuk menerima konsesi tambang dari pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Perlu saya tegaskan bahwa konsesi tambang ini bukan permintaan ormas, ini adalah langkah afirmatif dari pemerintah," kata Kiai Ulil yang akrab disapa Gus Ulil kepada Republika usai perhelatan Interfaith and Intercivilizational Reception yang dihadiri Grand Syekh Al-Azhar Imam Akbar Ahmed Al-Tayeb di Grand Ballroom Pullman, Jakarta, Rabu (10/7/2024).  

Baca Juga

Gus Ulil menegaskan, PBNU tidak pernah meminta konsesi tambang tetapi diberi oleh pemerintah dengan pertimbangan pemerintah bahwa tambang selama ini dikuasai oleh kelompok tertentu. Dengan demikian, dia menilai, pemerintah menginginkan pengelolaan tambang lebih merata."Nah, kita ditawari, orang Islam itu kalau diberi hibah ya terserah mau terima atau tidak, monggo saja, asal hibahnya halal," ujar Gus Ulil.

Gus Ulil juga menegaskan bahwa tambang itu halal dan tidak haram. Untuk itu, PBNU  akan mengelola tambang sesuai dengan aturan dan melibatkan orang-orang yang profesional.

"Dan kami percaya betul bahwa tambang itu halal, tidak haram sama sekali, ya, nanti kita akan kelola sesuai dengan aturan dan PBNU sudah membentuk PT khusus untuk mengelola tambang ini dan kita akan melibatkan orang-orang profesional," jelas Gus Ulil.

Gus Ulil menegaskan, NU akan menyelenggarakan dan melakukan penambangan ini dengan secara halal. Dia mengatakan, PBNU akan mengikuti seluruh aturan dan mengikuti prosedur yang profesional.

Gus Yahya: Konsesi tambang langkah berani Jokowi..

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement