Senin 08 Jul 2024 08:30 WIB

Apresiasi Petugas Haji: Jamaah Haji Diperlakukan Seperti Orang Tua Sendiri

PPIH debarkasi UPG terima kloter 15 gelombang kedua pemulangan haji.

Petugas haji Indonesia tengah bersama jamaah yang hendak disafariwukufkan.
Foto: republika
Petugas haji Indonesia tengah bersama jamaah yang hendak disafariwukufkan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Ujung Pandang (UPG) Sulawesi Selatan menerima rombongan haji kelompok terbang (kloter) 15 musim haji 2024 dari Arab Saudi.

Kepala Bidang Penerimaan dan Penjemputan Jemaah PPIH Embarkasi/ Debarkasi UPG, H Wahyuddin Hakim di Makassar Jumat mengatakan, pemulangan jamaah haji gelombang kedua baru saja dimulai, dan kloter 15 secara numerik atau yang pertama untuk gelombang kedua tersebut.

Baca Juga

"Secara berurutan memang ini kloter 15, tetapi kalau berbicara gelombang pemulangan ini adalah kloter pertama dari gelombang kedua jamaah haji," ujarnya.

Wahyuddin Hakim dalam sambutannya pada seremoni penerimaan dan penyerahan kloter 15 Debarkasi UPG di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar juga mengapresiasi para pendamping haji yang selama ini banyak membantu jamaah haji Indonesia.

“Petugas sungguh luar biasa melayani jamaah. Haji yang sudah berumur dianggapnya orang tua sendiri, menggendong mereka yang tidak kuat jalan, bahkan menggantikan popok haji lansia dan yang sakit. Hanya Allah yang dapat membalas dedikasi kalian,” katanya.

Selain itu, kepada jamaah haji Kloter 15, Kabid Urais Kanwil Kemenag Sulsel ini juga meminta agar tetap menjaga kebiasaannya di tanah suci, khususnya dalam hal beribadah.

“Ibadah seperti shalat berjamaah sebagaimana yang dilaksanakan di tanah suci tolong dipertahankan, dan jaga kemabruran haji bapak ibu dengan rajin bersedekah dan silaturrahimnya ditingkatkan,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa Kloter 15 itu diisi oleh haji asal Kabupaten Bantaeng sebanyak 208 orang, Maluku Utara 205 orang, Makassar 28 orang, Sulawesi Barat satu orang, Petugas Kloter lima orang, dan PHD tiga orang. Jamaah Kloter ini utuh kembali ke tanah air sebagaimana pada saat diberangkatkan.

Hadir pada seremoni penerimaan dan penyerahan haji Kloter 15 ini, di antaranya Plh Asisten I Kabupaten Bantaeng Hasruddin yang kemudian didaulat mewakili Pemerintah Daerah asal jamaah menerima kloter 15 UPG.

Hadir pula Plh Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Maluku Utara Fadky Muhammad, Kabid PHU Kanwil Kemenag Maluku Utara, serta Kepala Seksi Haji Kemenag Kota Makassar.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement