Kamis 20 Jun 2024 11:23 WIB

Sekolah Muhammadiyah Dominasi IKMC 2024

International Kangaroo Mathematics Contest dikenal jadi ajang bergengsi matematika.

Pelaksanaan IKMC 2024
Foto: Dok Klinik Pendidikan MIPA
Pelaksanaan IKMC 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sejumlah sekolah dari berbagai daerah di Indonesia telah menorehkan prestasi dalam ajang International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) 2024. Kompetisi tahunan ini, yang dikenal sebagai salah satu ajang bergengsi dalam bidang matematika, kembali menarik minat puluhan ribu siswa berbakat dari berbagai tingkat pendidikan mulai dari SD sampai dengan SMA.

Setelah melalui proses penilaian yang ketat dan kompetitif, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) sebagai penyelenggara IKMC di Indonesia mengumumkan daftar sekolah terbaik yang telah menunjukkan performa luar biasa dalam kompetisi ini. Sekolah-sekolah tersebut dinilai tidak hanya berhasil meraih hasil tinggi, tetapi juga menampilkan semangat juang dan dedikasi yang luar biasa dari para siswa serta dukungan penuh dari pihak sekolah.

Baca Juga

Ketua pelaksana IKMC, Ardianto, S.T., menyampaikan, "Sekolah terbaik ini berdasarkan urutan lima sekolah peraih medali terbanyak pada level SD, SMP, dan SMA dari seluruh sekolah yang berpartisipasi dalam IKMC 2024, dan diurutkan lebih lanjut berdasarkan perolehan jumlah terbanyak medali emas, perak, dan perunggu,"ujar KPM lewat keterangan tertulis kepada Republika, Rabu (19/6/2024).

Dia juga menambahkan bahwa sebagai bentuk apresiasi, KPM memberikan trofi kepada sekolah-sekolah terbaik. Pada ajang IKMC 2024 ini, sekolah-sekolah Muhammadiyah mendominasi daftar sekolah terbaik. Hal ini tidak mengherankan mengingat kontribusi besar yang diberikan oleh sekolah-sekolah Muhammadiyah dalam kompetisi ini.

 

Jumlah peserta IKMC dari sekolah Muhammadiyah tahun ini sebanyak 35.202 peserta atau sekitar 38% dari seluruh peserta IKMC se-Indonesia. Meskipun ada penurunan jumlah peserta dibandingkan tahun lalu, hal ini dapat dipahami mengingat tahun ini IKMC berdekatan dengan Olympic Ahmad Dahlan (OLYMPICAD), yang juga merupakan event besar Muhammadiyah di seluruh Indonesia.

Dalam keseluruhan pelaksanaan IKMC 2024, sekolah-sekolah Muhammadiyah tidak hanya menunjukkan dominasi tetapi juga semangat juang dan dedikasi dalam kompetisi matematika ini. Hal tersebut menjadikan mereka teladan dalam prestasi akademik di tingkat internasional.

Para siswa yang berhasil meraih medali di ajang ini diharapkan dapat terus menginspirasi teman-temannya untuk berprestasi dan memberikan yang terbaik dalam setiap kesempatan. Semangat dan dedikasi yang ditunjukkan oleh para siswa dan dukungan penuh dari pihak sekolah telah membuktikan bahwa Indonesia memiliki banyak potensi di bidang akademik yang dapat bersaing di kancah internasional.

Dengan adanya prestasi ini, diharapkan dapat semakin memotivasi sekolah-sekolah lain untuk terus berpartisipasi dan berprestasi dalam ajang-ajang kompetisi bergengsi, baik di tingkat nasional maupun internasional. IKMC 2024 telah menjadi bukti nyata bahwa kerja keras, dedikasi, dan dukungan penuh dari semua pihak dapat menghasilkan prestasi yang membanggakan.

Berikut adalah daftar sekolah terbaik yang mengikuti IKMC 2024:

• Sekolah Terbaik Level SD/MI:

1. MIN 1 Kota Malang, Malang, Jawa Timur

2. SD Muhammadiyah Condong Catur, Sleman, D.I. Yogyakarta

3. SD Muhammadiyah Metro Pusat, Kota Metro, Lampung

4. SD Muhammadiyah 4 Surabaya, Surabaya, Jawa Timur

5. SD Muhammadiyah Sokonandi, Yogyakarta, D.I. Yogyakarta

• Sekolah Terbaik Level SMP/MTs:

1. SMP Permata Insani Islamic School, Tangerang, Banten

2. SMP Muhammadiyah 12 GKB, Gresik, Jawa Timur

3. SMP Muhammadiyah 5 Surabaya, Surabaya, Jawa Timur

4. SMPN 2 Doloksanggul, Humbang Hasundutan, Sumatera Utara

5. SMPN 2 Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara

• Sekolah Terbaik Level SMA/MA:

1. SMAN Unggulan M.H. Thamrin, Jakarta, DKI Jakarta

2. SMAS Plus Permata Insani Islamic School, Tangerang, Banten

3. SMA Muhammadiyah 4 Depok, Depok, Jawa Barat

4. SMA Raudlatul Jannah, Sidoarjo, Jawa Timur

SMA Muhammadiyah 10 Gresik, Gresik, Jawa Timur

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement