Kamis 20 Jun 2024 11:07 WIB

Menelusuri Jejak Ulama Habaib di Indonesia, Ahli Hadits Hingga Mufti Jakarta

Mereka tak hanya menyebarkan syiar Islam lewat dakwah lisan tetapi juga tulisan.

Ulama Nusantara yang lahir di Pekojan, Batavia (Jakarta) Al-Habib Sayyid Usman bin Abdullah bin Aqil bin Yahya al-‘Alawy al-Husainy.
Foto:

Ada pula seorang tokoh habib lainnya yang amat populer di dunia kepenulisan. Dialah Habib Utsman bin Yahya. Sosok yang dijuluki Mufti Jakarta itu telah menulis banyak kitab. Ginandjar memaparkan, karya-karya sang habib dapat diklasifikasi menjadi dua corak, yakni kitab yang berisi tuntunan dan yang bersifat respons terhadap fenomena kontekstual pada masanya.

Salah satu kitab yang menjadi legasi Habib Utsman ialah Thulu'ul Badrul Ilmi Murtafa'. Dalam buku ini, menurut Ginandjar, Habib Utsman mengkaji perihal fatwa hukum penggunaan piring rekaman. Yang menjadi fokusnya ialah suara orang mengaji Alquran yang kemudian direkam pada benda tersebut.

Tapi memang, karya-karya Sayyid Utsman yang bersifat respons terhadap masalah-masalah pada zamannya itu kebanyakan tersimpan di Perpustakaan Leiden, Belanda, jelas dia dalam sebuah acara diskusi daring yang bertajuk Menyusuri Jejak Cinta, beberapa waktu lalu.

photo
Rabithah Alawiyah menggelar acara halal bi halal menyambut hari raya Idul Fitri 1443 H - (istimewa)

De Universitaire Bibliotheken Leiden(UBL) merupakan salah satu perpustakaan di Eropa yang cukup banyak menyimpan koleksi manuskrip atau arsip habaib Nusantara. Hal itu diakui Ginandjar. Akademisi ini menuturkan, pada zaman silam pemerintah kolonial memanfaatkan koleksi tersebut untuk merumuskan kebijakan penjajahan di Nusantara. Salah seorang peneliti yang utama dalam kaitan ini ialah Christiaan Snouck Hurgronje (1857-1936).

Orientalis yang juga penasihat pemerintah Belanda itu kerap menghibahkan arsip atau manuskrip terkait ulama-ulama Nusantara yang diperolehnya dari rihlah akademik. Terlepas dari sosoknya yang kontroversial, Hurgronje diakui telah berhasil menyimpan dan menginventaris ribuan data ulama dan habaib Tanah Air. Ia juga menyimpan banyak arsip terkait tradisi pemikiran keislaman di nusantara. Maka, tak mengherankan jika karya Sayyid Utsman bin Yahya juga ditemukan di koleksi milik profesor Universitas Leiden itu.

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement