Rabu 12 Jun 2024 18:00 WIB

Optimalisasi Ibadah: Jadwal Sholat 12 Juni 2024 di Bandung

Menunaikan sholat di awal waktu sesuai dengan jadwal mengajarkan kita untuk disiplin.

Optimalisasi Ibadah: Jadwal Sholat 12 Juni 2024 di Bandung. Foto: Masjid Al Jabbar di Bandung.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Optimalisasi Ibadah: Jadwal Sholat 12 Juni 2024 di Bandung. Foto: Masjid Al Jabbar di Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bandung tengah memasuki bulan-bulan yang cukup sejuk di pertengahan tahun, menjadi waktu yang ideal untuk merefleksi dan memperbanyak ibadah. Sebagai umat Muslim, sholat merupakan tiang agama yang harus dijaga sebaik mungkin. Berangkat dari pentingnya kewajiban ini, berikut adalah jadwal sholat hari ini, 12 Juni 2024, untuk wilayah Bandung dalam zona waktu WIB:

- Subuh: 04:37

- Dzuhur: 11:53

- Ashar: 15:13

 

- Maghrib: 17:44

- Isya: 18:58

Menunaikan sholat di awal waktu sesuai dengan jadwal mengajarkan kita untuk disiplin dan menghargai waktu. Momen ini juga dapat kita jadikan sebagai waktu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memperkuat hubungan spiritual, serta memohon perlindungan dan petunjuk-Nya.

Seiring dengan kedatangan waktu-waktu sholat tersebut, marilah kita merenungi firman Allah dalam Al-Qur'an yang menegaskan akan pentingnya mendirikan sholat. Dalam Surat Al-Baqarah ayat 43, Allah SWT berfirman:

_"Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'."_

Selain itu, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

_"Shalat lima waktu, Jumat ke Jumat, dan Ramadan ke Ramadan adalah penghapus dosa di antara keduanya selama dosa-dosa besar dijauhi."_

Hadits ini menegaskan betapa besar kasih sayang Allah SWT yang memberikan penghargaan bagi hamba-Nya yang taat dalam menjalankan sholat dan menjauhi dosa-dosa besar.

Mendekati waktu sholat, marilah kita mempersiapkan diri tidak hanya secara fisik dengan berwudhu, tetapi juga mempersiapkan hati. Sholat yang didirikan dengan khusyuk akan memberikan ketenangan batin dan kekuatan spiritual yang memadai dalam menghadapi tantangan hidup.

Bagi masyarakat Bandung, jangan lewatkan setiap waktu sholat yang telah ditentukan. Di tengah kesibukan dan kegiatan sehari-hari, jadikan momen sholat sebagai waktu istirahat dan komunikasi dengan Allah SWT. Semoga setiap langkah kita selalu dalam lindungan-Nya.

*Artikel ini dibuat oleh AI yang telah diverifikasi oleh Redaksi.*

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement