Jumat 07 Jun 2024 19:35 WIB

Dukung Pendidikan Agama di Daerah Terpencil,  BMM Luncurkan Program Sedekah Beras

BMM akan optimalkan program sosial.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Erdy Nasrul
Baitulmaal Muamalat
Foto: bmm.or.id
Baitulmaal Muamalat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Baitulmaal Muamalat (BMM), lembaga amil zakat nasional yang terafiliasi dengan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk meluncurkan program "Sedekah Beras Santri Pelosok", sebuah inisiatif kemanusiaan yang bertujuan untuk memberikan dukungan pangan kepada santri-santri di pondok pesantren di daerah terpencil di Indonesia.

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Muamalat Suhendar mengatakan, program ini bertujuan untuk memastikan para santri mendapatkan asupan gizi yang layak sehingga dapat belajar dengan baik dan mencapai cita-cita mereka.

Baca Juga

"Kami di Bank Muamalat dan BMM percaya bahwa pendidikan agama adalah fondasi penting dalam membentuk generasi muda yang berakhlak mulia dan berwawasan luas. Melalui program 'Sedekah Beras Santri Pelosok', kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata bagi keberlangsungan pendidikan para santri di pelosok negeri yang kerap menghadapi tantangan ekonomi yang berat," ujarnya, Jumat (7/6/2024).

Pondok Pesantren Darul Ikhwan dan Pondok Pesantren Al Hikmah di Provinsi Banten adalah dua pondok pesantren yang menerima bantuan dari program ini. Untuk selanjutnya, program ini akan direplikasi ke pesantren-pesantren yang ada di daerah lain.

 

Sementara itu, Direktur Eksekutif BMM Novi Wardi mengatakan, para santri di pondok pesantren tersebut sebagian besar adalah anak yatim dan berasal dari keluarga kurang mampu yang tidak memiliki biaya untuk pendidikan formal. Dengan adanya program ini, mereka tidak hanya mendapatkan pendidikan agama secara gratis, tetapi juga asupan makanan yang memadai untuk mendukung aktivitas belajar mereka.

"Ketersediaan pangan yang cukup dan bergizi adalah hal esensial bagi para santri agar mereka bisa belajar dengan baik. Oleh karena itu, kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendukung program ini dengan berdonasi melalui Baitulmaal Muamalat. Setiap sumbangan yang diberikan akan langsung disalurkan kepada pondok pesantren yang membutuhkan," katanya. 

Program ini juga dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2025 mendatang. Bank Muamalat dan BMM mengajak masyarakat luas untuk berlomba-lomba meraih keberkahan dengan turut serta dalam program ini dan memberikan hadiah pangan yang layak bagi santri yatim dhuafa di seluruh pelosok Indonesia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement