Kamis, 20 Sya'ban 1440 / 25 April 2019

Kamis, 20 Sya'ban 1440 / 25 April 2019

Southgate Tiru Cara Alex Ferguson Bina Pemain Muda Inggris

Senin 25 Mar 2019 05:55 WIB

Red: Bayu Hermawan

Pelatih Inggris Gareth Southgate meluapkan kebahagiaan setelah Inggris melaju ke babak 16 besar usai melawan Kolombia, Rabu (3/7), di Moskow, Rusia.

Pelatih Inggris Gareth Southgate meluapkan kebahagiaan setelah Inggris melaju ke babak 16 besar usai melawan Kolombia, Rabu (3/7), di Moskow, Rusia.

Foto: EPA
Southgate mengatakan tak ragu masukan pemain muda ke timnas Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate mengaku, dirinya mencontoh dan terinspirasi dari pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, dalam mengelola pemain-pemain muda di skuatnya. Southgate mengagumi kemampuan Ferguson memoles pemain muda, seperti Ryan Giggs, menjadi seorang bintang besar.

Baca Juga

"Singa-singa muda Inggris" mempertunjukan penampilan apik kala menghadapi Republik Ceko, dalam pertandingan perdana babak kualifikasi Piala Eropa 2020. Anak-anak asuhan Southgate berhasil menghajar lawannya dengan skor telak 5-0.

Southgate mengatakan, dirinya tidak memiliki keraguan untuk memberi kesempatan kepada para pemain muda di tim nasional Inggris. Ia mengungkapkan, apa yang dilakukanya terinspirasi dari cara pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, menanggani pemain muda saat itu, seperti Ryan Giggs dan lainnya.

"Saya selalu memikirkan Sir Alex dan Ryan (Giggs), dan bagaimana dia melakukannya dengan sangat baik. Mereka telah mempertahankan kesuksesan kareta itu," ujarnya seperti dikutip dari Sky Sport.

"Jadi meskipun mereka bukan pemain kami (timnas Inggris) sehari-hari, saya pikir kami memiliki tanggung jawab untuk melakukan itu, sebanyak yang kami bisa. Karena kami juga menempatkan mereka ke level yang lebih tinggi dan kami telah harus memastikan mendapatkan keseimbangan yang tepat untuk klub, tetapi yang paling penting bagi pemain," katanya melanjutkan.

Southgate menilai Jadon Sancho, Callum Hudson-Odoi dan Declan Rice punya kualitas untuk berseragam timnas senior Inggris. Ia pun mengatakan tidak akan ada masalah jika menurunkan para pemain muda dalam pertandingan lainnya.

"Mereka matang di usia yang sangat muda, dan mereka bisa lebih lagi di usia yang sangat muda. Tidak ada masalah untuk memainkan mereka," ucapnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA