Ahad 02 Jun 2024 16:47 WIB

Pancasila Jadi Inspirasi Moderasi Beragama

Pancasila harus dijiwai seluruh eleman bangsa.

Ilustrasi kirab Pancasila.
Foto: Dok Republika
Ilustrasi kirab Pancasila.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Agama (Kemenag) harus mengimplementasikan nilai Pancasila dalam mewujudkan moderasi beragama di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"ASN harus menjadi pelopor dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam tutur kata, sikap dan perilaku hidup setiap hari," kata Kakanwil Kemenag Sulut Sarbin Sehe di Manado, Sabtu.

Baca Juga

Dia mengatakan nilai-nilai Pancasila ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi dan hak asasi manusia, serta keadilan sosial harus menjadi inspirasi dan pedoman hidup seorang ASN.

Nilai-nilai Pancasila tidak cukup hanya diketahui dan dihafal, yang paling penting adalah implementasi dalam hidup sehari-hari.

 

Karena itu, katanya, ASN Kemenag diminta untuk terus memaknai dan menimba inspirasi serta mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila secara nyata.

"Saya minta ASN Kemenag menjadikan Pancasila sebagai pedoman dan sumber inspirasi dalam bertutur kata, bersikap dan berperilaku, baik di dalam keluarga, di tengah masyarakat maupun sebagai abdi negara dalam berkinerja dan melayani masyarakat," katanya.

Nilai Pancasila harus diimplementasikan dan dibuktikan dalam hidup sehari-hari, bukan hanya ada dalam pikiran dan dihafal.

Mantan Kakanwil Kemenag Maluku Utara ini juga mengapresiasi semangat nilai kebangsaan ASN Kemenag Sulut, karena meski dalam suasana libur, tetap antusias mengikuti upacara dalam rangka Hari Lahir Pancasila.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement