Kamis 09 May 2024 18:26 WIB

Kritik Podcast Denny Sumargo yang Umbar Aib Rumah Tangga,  Ketua PBNU Kutip Pesan Nabi

Belakangan ini marak umbar aib rumah tangga di medsos

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Aktor Denny Sumargo (Densu).
Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
Aktor Denny Sumargo (Densu).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Fahrur Rozi mengkritik salah satu tayangan podcast Denny Sumargo yang berisi curhatan seorang istri tentang permasalahan rumah tangga. 

Menurut Gus Fahrus, sapaan akrab KH Ahmad Fahrur Rozi, ini sungguh memprihatinkan.

Baca Juga

"Di era globalisasi modern saat ini orang mudah curhat urusan rahasia rumah tangga di medsos bahkan di kanal podcast orang non-Muslim," kata Gus Fahrur kepada Republika.co.id, Kamis (9/5/2024).

Dia menjelaskan, Islam melarang seorang suami atau istri mengungkapkan aib-aib masing-masing pasangannya kepada orang lain. Apalagi ke media sosial (medsos). Seharusnya suami-istri saling menutupi dan saling menjaga aib pasangannya.

"Jika seorang istri atau suami membongkar aib pasangannya, berarti itu sama saja dengan menelanjangi dirinya sendiri dan keluarganya," kata dia sembari menukilkan hadits berikut:

عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه مرفوعاً: إِنَّ مِنْ أَشَرِّ النَّاسِ عِندَ الله مَنزِلَةً يَومَ القِيَامَةِ الرَّجُلَ يُفضِي إِلَى المَرْأَةِ وَتُفْضِي إِلَيه، ثُمَّ يَنشُرُ سِرَّهَا

Dari Abu Said al-Khudri, radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya manusia yang paling jelek kedudukannya di hari kiamat adalah seorang laki-laki (suami) yang bercampur (bersetubuh) dengan istrinya, kemudian membeberkan rahasia istrinya tersebut." (HR Muslim)

Islam, terang Gus Fahrur, mengajarkan agar saling menutupi aib orang lain. Hal ini sebagaimana diriwayatkan Imam Bukhari dari Abdullah bin Umar bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, "Dan siapa yang menutupi (aib) seorang muslim maka Allah akan menutup aibnya pada hari kiamat."

Imam Ibnu Majah juga meriwayatkan hadits berikut: 

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ سَتَرَ عَوْرَةَ أَخِيهِ الْمُسْلِمِ سَتَرَ اللَّهُ عَوْرَتَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَمَنْ كَشَفَ عَوْرَةَ أَخِيهِ الْمُسْلِمِ كَشَفَ اللَّهُ عَوْرَتَهُ 

Dari sahabat Ibnu ‘Abbas, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, "Siapa yang menutupi aib saudaranya muslim, Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat, dan siapa mengumbar aib saudaranya Muslim, maka Allah akan mengumbar aibnya hingga terbukalah kejelekannya di dalam rumahnya."

Gus Fahrur juga mengajak semua untuk bijak dalam menggunakan medsos. Secara hukum, ada ancaman UU ITE yang bisa menyeret pelakunya ke penjara. Dia menambahkan, jika ada orang yang mengalami masalah rumah tangga, maka sebaiknya dilakukan penyelesaiannya dalam lingkup komunitas yang baik dan melibatkan orang tua kedua belah pihak.

"Jika memang tidak ada kecocokan sebaiknya berpisah secara baik-baik saja," terangnya.

Dia juga memberikan pandangannya soal konten-konten podcast yang ada di medsos saat ini. Menurutnya, sekarang banyak konten podcast yang tidak mendidik dan asal-asalan. "Tayangan konten Podcast semakin banyak yang tidak memberikan edukasi kepada masyarakat, asal-asalan untuk menaikkan viewers dan subscribe," ujarnya.

photo
Infografis Jaminan Allah Bagi Orang yang Menikah - (Republika.co.id)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement